Ladang Ganja Kembali Ditemukan, Seluas Tiga Hektar dan Berisikan 10 Ribu Batang Ganja

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang | Dok KS

Ilustrasi Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang, Beberapa Waktu Lalu | Dok KS

EMPAT LAWANG – Kawasan perbukitan di Kabupaten Empat Lawang, ternyata menjadi tempat ideal bagi perkebunan ganja. Setidaknya ini terbukti dengan ditemukannya kembali ladang ganja di kabupaten ini.

Jika sebelumnya Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, berhasil menemukan ladang ganja seluas dua hektar di Talang Kemumu, Desa Lubuk Gelanggang, Kecamatan Tebing Tinggi beberapa waktu lalu, kemarin (29/8), ladang ganja kembali ditemukan.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, ladang ganja itu ditemukan di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Lintang Kanan, seluas tiga hektar. Untuk menuju ke ladang ganja tersebut, petugas dari Polres Empat Lawang di back up Satuan Narkoba dan Brimob Polda Sumsel harus berjalan kaki selama lima jam melintasi hutan dan perbukitan.

Puluhan petugas berpakaian preman ini, sudah melakukan penyisiran sejak Kamis (28/8) sekitar pukul 23.00 WIB.  Pada Jumat (29/8) pukul 04.00 WIB, dini hari barulah ladang ganja seluas tiga hektar yang berada di areal perbukitan itu ditemukan. Di lahan itu, ada 10 ribu lebih batang ganja yang siap panen.

Dari kebun itu, diamankan Suyanto (25), warga Kikim, Kabupaten Lahat. Suyanto adalah penjaga kebun terlarang tersebut. Sementara sang pemilik kebun berinisial S yang tercatat sebagai warga Desa Tanjung Alam, berhasil kabur.

Ribuan batang ganja siap panen ini, langsung dimusnahkan di lokasi, termasuk beberapa tumpukan daun ganja saat itu sedang dijemur di sekitar ladang ganja tersebut. Sebagian dibawa ke Polda Sumsel, untuk barang bukti (BB), termasuk penjaga kebun, Suyanto.

Kasubdit III Narkoba Polda Sumsel, AKBP Imam Ansory yang memimpin operasi tersebut yang dihubungi Kabar Sumatera, membenarkan penemuan ladang ganda ini. “Ada 10 ribu lebih batang ganja siap panen di ladang ganja seluas tiga hektar, penjaga kebun berhasil kita amankan sedangkan pemiliknya berhasil kabur namun indentitasnya sudah kita kantongi,” terang Imam.

Sementara itu Kepala Polres Empat Lawang, AKBP M Ridwan dan Kasat Narkoba Polres Empat Lawang, AKP A Darmawan sampai berita ini diturunkan, belum bisa diminta keterangan.   Beberapakali Kabar Sumatera menghubungi ponsel keduanya,  belum ada jawaban.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *