Air Mancur “Menari” Gagal Dibangun

Bundaran Air Mancur | Foto : Bagus Kurniawan

Bundaran Air Mancur | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, untuk membangun air mancur menari di tiga titik di Kota Palembang, nampaknya bakal gagal dibangun. Pasalnya hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai anggaran pembangunannya.

Kabid Pertamanan Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang, Junaidi mengatakan, awalnya pembangunannya akan dilakukan bertahap namun karena keterbatasan dana, rencana itu dibatalkan.

“Memang DED nya sudah selesai. Namun karena ada defisit anggaran mencapai Rp 100 miliar, sehingga kecil kemungkinan rencana tersebut bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini,” kata Junaidi, Jumat (29/8).

Junaidi mengatakan, proyek air mancur menari tersebut merupakan bagian revitalisasi tiga kolam retensi yakni Kambang Iwak, kolam retensi simpang Polda dan kolam retensi Tanjung Api-api (TAA).  “Dana yang diperlukan untuk membangunnya sekitar Rp 2,5 miliar, untuk satu lokasi sehingga total dana dibutuhkan mencapai Rp 7,5 miliar,” bebernya.

Junaidi mengaku, tujuan pembangunan air mancur menari tersebut untuk meningkatkan pendapatan daerah, dengan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun karena keterbatasan anggaran, maka belum dipastikan kapan pembangunannya. “Masalah lain yang kami hadapi adalah, meningkatnya beban pembayaran pembayaran listrik lampu jalan, dan lainnya,” ujarnya.

Walaupun demikan, pihaknya tetap optimis bisa membangun air mancur menari tersebut. Sebab Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang, setiap tahun meningkat. Sehingga jika sesuai dengan target pada 2015 mendatang, PAD Palembang mencapai Rp 5 triliun.

“APBD Perubahan Palembang saat ini, sudah mencapai Rp 3 triliun. Jika tahun depan PAD bisa naik mencapai Rp 5 triliun, maka minimal satu air mancur menari bisa di bangun,” harapnya.

Junaidi menambahkan, kolam retensi yang akan dibangunan air mancur menari itu, memang sudah saatnya di revitalisasi. Pasalnya tempat tersebut sudah menjadi tempat pertemuan dan perkumpulan anak muda maupun orang dewasa. Selain itu, bisa menonjolkan keunggulan Palembang sebagai kota gagasan memiliki air mancur menari.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *