Wawasan Kebangsaan Generasi Muda Memudar

 

Ilustrasi

Ilustrasi

PAGARALAM – Seiring lajunya teknologi dan derasnya pengaruh budaya asing, sejauh ini tingkat kesadaran dan wawasan kebangsaan dikalangan gengerasi muda mulai pudar. Sebab itu, sangat dibutuhkan adanya upaya bersama bagi segenap lapisan masyarakat terutama organisasi kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan dalam bahu membahu menumbuhkan kedasaran wawasan kebangsaan pada generasi muda. Sehingga semagat cinta bangsa dan tanah air akan tetap tertanam dikalangan pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa. Hal itu dikemukakan Ketua ICMI Orda Kota Pagaralam H Safrudin, usai pembukaan talk show kebangsaan di Balai Kota Pagaralam, kemarin (27/8).

“Nilai-nilai wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda sekarang ini sudah mulai pudar. Untuk itu diperlukan upaya bersama dari segenap lapisan masyrakat untuk kembali meningkatkan kesadaran wawasan kebangsaan dalam rangka membangun bangsa,” ujarnya.

Wawasan kebangsaan lanjutnya, sangat penting diterapkan dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air. Untuk itu tingkat kesadaran wawasan kebangsaan perlu mendapatkan perhatian khusus. Ia mengatakan, ICMI sebagai salah satu organisasi masyarakat yang berdasarkan pada pemahaman keagamaan ikut bertanggung jawab untuk menumbuhkan kesadaran wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda.

“Melalui kegiatan talk show ini, kita berharap nilai-nilai wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda akan tetap terjaga,” katanya.

Meski begitu, talk show sendiri digelar selama satu hari dengan melibatkan segenap organisasi pemudaan yang ada di Kota Pagaralam, pelajar dan masyarakat umum sebagai peserta. Sementara untuk pembicara sendiri melibatkan unsur Muspida Kota Pagaralam, diantaranya Kapolres Kota Pagaralam AKBP Saut P Sinaga, Dandim 0405 Lahat, Letkol Inf Tri Haksoro.

“Para peserta berasal dari segenap organisasi kepemudaan di Kota Pagaralam serta pelajar tingkat SMU se Kota Pagaralam. Sementara untuk pembicara kita melibatkan unsur muspida,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pagaralam Novirza Djazuli mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan talk show kebangsaan yang digelar oleh ICMI Kota Pagaralam. Diharapkan melalui kegaitan tersebut kesadaran wawasan kebangsaan yang sudah mulai pudar dapat ditanggulangi dan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa bisa memiliki jiwa bela negara yang tinggi dan dapat berpartisifasi aktif dalam pembangunan bangsa terutama di Kota Pagaralam.

“Ya, kita sangat mendukung kegiatan ini dan kedepan kita berharap kegaitan talk show seperti sekarang ini dapat lebih ditingkatkan lagi,” singkatnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *