Warga Terima Ganti Rugi Seismik 3D Karbela Pertamina

Warga sedang menerima pembayaran dari Petugas Seismik 3D Karbela Pertamina.

Warga sedang menerima pembayaran dari Petugas Seismik 3D Karbela Pertamina.

PALI – Sebanyak 765 warga kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menerima ganti rugi kegiatan rekam bumi Seismik 3D Karbela Pertamina‎. Ratusan warga tersebut memenuhi kantor Lurah Handayani Mulia, Rabu (27/8).

Pembayaran ganti rugi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan survey dilahan milik warga. Setiap lahan yang dilintasi kabel seismik ini mendapatkan ganti rugi sesuai dengan Pergub Sumsel Nomor 25 tahun 2009. “Pola pembayaran ganti rugi ini tetap mengacu pada aturan yang berlaku yaitu Pergub nomor 25/2009” kata Parsaoran Tampubolon, Asisten Party Chief didampingi ketua Tim Pembayaran Akyas Saefudin.

Parsaoran mengungkapkan, kegiatan seismik 3D ini dilakukan dalam rangka mencari sumber minyak dan gas baru. Penemuan sumber minyak ini sangat penting mengingat akan berdampak pada peningkatan pendapatan negara dan daerah.

“Mudah-mudahan dari survey ini akan menemukan sumber minyak baru, sehingga dapat memberikan kontribusi pada pembangunan daerah,” jelas Parsaoran.

Karena itulah, lanjut dia, pkegiatan survey seismik ini dikoordinasikan langsung oleh SKK Migas selaku perpanjangan tangan pemerintah.

Kata Parsaoran, penghargaan kepada pemerintah kabupaten Muaraenim dan PALI yang telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan seismik ini.

“Pemkab dan masyarakat sangat membantu kelancaran kegiatan ini. Kami berikan apresiasi, khususnya masyarakat kabupaten PALI dan Muaraenim yang sudah membantu kelancaran survey ini,” jelasnya.

Setelah pembayaran di kelurahan Handayani Mulia, kedepan PT Elnusa selaku pelaksana sedang melakukan pengukuran lahan warga beberapa desa lainnya. Setelah pengukuran selesai baru akan diajukan pembayaran ganti rugi.

“Kepada warga desa lainnya, kami harap bersabar, karena sekarang masih tahap pengukuran. Yang jelas akan kita bayar,” tutupnya.

 

TEKS   : INDRA SETIA HARIS

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *