Pedagang Buah Musiman Banjir Rezeki

Pedagang Buah Durian di jl. Demang Lebar Daun Palembang

Pedagang Buah Durian di jl. Demang Lebar Daun Palembang

PALEMBANG – Belakangan ini banyak pedagang buah musiman mulai meramaikan sudut Kota Palembang, seperti yang terlihat disepanjang jalan demang lebar daun, jalan jenderal sudirman dan dikawasan Pasar Kuto Palembang banyak pedagang buah musiman yang menjajakan dagangannya dengan menggunakan mobil bak. Para pedagang ini biasanya menjajakan buah musiman seperti, Durian, Duku dan Cempedak.

Aceng, salah satu pedagang buah musiman mengatakan, setiap musim buah dirinya selalu melakoni bisnis ini. Keuntungannya pun cukup menjanjikan karena banyak masyarakat yang menggemari buah musiman ini. “Lumaayan untuk tambahan belanja, dan membantu perekonomian keluarga. Apalagi saat ini untuk kebutuhan akan keperluan rumah tangga semakin mahal,”katanya.

“Kita sudah hampir satu bulan berjualan, saat ini buah-buahan seperti cempedak, duku sedang membanjiri Kota Palembang,” katanya, Rabu (27/8).

Menurut Aceng, untuk keuntungan yang diperoleh dari berjualan buah musiman ini  bisa mencapai Rp 200ribu sampai Rp 400ribu per hari. Untuk harga yang di patok seperti buah duku Rp 13ribu per kg.  Sedangkan harga Cempedak mulai dari Rp 20ribu hingga Rp 10ribu tergantung dengan ukurannya.

“Dalam satu hari keuntungan bisa Rp 300ribu – Rp 400ribu, karena banyak pembeli yang datang baik dari dalam kota Palembang maupun dari luar kota,” kata Akbar pedagang lainnya.

Menurut Akbar, buah durian dan duku ini di pasok dari sejumlah daerah penghasil, seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komerin Ilir, Musi Banyuasin, dan Banyuasin. “Selama dua tahun terakhir, panen duku oleh petani setempat relatif kurang berhasil karena buah tidak terlalu lebat,” katanya.

Selain itu, sebagian hasil panen buah duku cukup banyak dibeli pedagang pengumpul dari luar Sumatera Selatan, bahkan dipasok ke Jakarta.

“Sedangkan untuk harga durian ukuran sedang saat ini di kisaran Rp 15 ribu per buah, ukuran besar antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu, sedangkan cempedak ukuran sedang Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per buah,” tutupnya.

 

TEKS     : AMINUDDIN

EDITOR   : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *