50 Personil PBK OKI, Latihan Padamkan Api

Simulasi pemadaman api oleh personil PBK Kesbangpolinmas OKI

Simulasi pemadaman api oleh personil PBK Kesbangpolinmas OKI

KAYUAGUNG – Sebanyak 50 personil Pemadam Kebakaran (PBK) yang bernaung dibawah Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), diberikan pelatihan selama 2 hari, yang dimulai sejak Selasa (26/8) hingga Rabu (27/8). Kegiatan tersebut bertujuan guna mengantisipasi bila terjadi kebakaran di permukiman warga dalam wilayah Bumi Bende Seguguk.

Kepala Badan Kesbangpolinmas OKI, Fahrurrozi AW mengaku kegiatan pelatihan terhadap personil PBK tersebut rutin dilakukan, namun pelatihan kali ini melibatkan personil lebih banyak karena untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di beberapa titik permukiman warga di saat bersamaan.

“Kegiatan dilakukan selama 2 hari, hari pertama pemberian materi, hari kedua praktek simulasi. Dengan adanya pelatihan ini, jika terjadi peristiwa yang darurat dan mendesak semuanya bisa teratasi. Tentunya tetap berpegang pada standar operasional prosedur (SOP),” terang mantan Sekretaris Badan Pengelola Pasar dan Kebersihan (BPPK) OKI ini.

Dikatakannya, personil PBK yang berada di Badan Kesbangpolinmas berjumlah 120 orang, namun hanya 50 personil yang diikutsertakan dalam pelatihan tersebut.

“Personil yang kita ikutsertakan dalam pelatihan adalah mereka yang kita anggap belum terlalu paham dan menguasai tehnik serta memahami situasi dan kondisi lapangan. Namun kita yakin setelah kita ikutkan dalam pelatihan ini, kedepan mereka bisa kita yakini mampu bertugas dengan baik dalam situasi dan kondisi apapun,” beber Fahrurrozi.

Selama ini, kata dia, personil PBK menghadapi berbagai kondisi yang cukup sulit, terutama jika lokasi terjadinya kebakaran berada di permukiman warga yang jauh dari ibukota Kabupaten OKI.

“Kami juga masyarakat cepat menginformasikan kepada kami jika di lingkungan tempat tinggalnya ada rumah warga yang terbakar. Kalau informasi yang kita terima cepat, tentunya personil yang bertugas bisa cepat bergerak untuk mengarah ke lokasi,” tukasnya seraya mengatakan, jika mengetahui adanya kebakaran di permukiman warga, masyarakat dapat menghubungi nomor telepon 0712-322100.

Sambungnya, dengan jumlah personil sebanyak 120 orang dan 2 unit mobil damkar, pihaknya berkeyakinan dapat mengatasi setiap peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten OKI.

“Kapanpun waktunya, saya yakin personil yang ada siap melakukan pemadaman api. Masyarakat juga diharapkan dapat membantu personil di lapangan, dengan bergotong royong melakukan pemadaman sebelum personil PBK tiba di lokasi,” pungkasnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *