Polres OI Terus Berusaha Membangun Karakter Masyarakat

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat

INDERALAYA – Menyikapi berbagai perkembangan dinamis yang terjadi di tengah masyarakat  Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kapolres OI, AKBP Asep Adjat Sudrajat terus berupaya membangun karakter masyakarat agar memiliki ketahanan mental  yang kuat untuk menuju masyarakat madani.

“Itu dilakukan karena perkembangan dinamis itu bukan hanya menyangkut hal-hal positif. Tetapi juga ada kecenderungan negatif di tengah masyarakat dan kalau dibiarkan akan merusak berbagai tatanan,” ujarnya kepada Kabar Sumatera ketika ditemui di kantornya, Selasa (26/8) kemarin.

Berbagai langkah terus dilakukan oleh Polres OI untuk membangun masyarakat OI, seperti adanya Program Desa Mandiri Kamtibmas, terus membangun silaturahmi dengan para ulama dan pengurus masjid.  Bahkan Program Desa Mandiri Kamtibmas itu telah diadopsi Polda Sumsel untuk diterapkan di seluruh wilayah Sumsel.

Dalam membina kesamaptaan warga, Perwira Menengah yang dikenal memiliki wawasan luas ini juga aktif menggerakkan even-even pertandingan olahraga sepakbola di berbagai kecamatan.

Kemudian ketika merebak kasus-kasus pedofilia, pihaknya juga tanggap dengan menggelar seminar yang membahas permasalahan tersebut untuk mengantisipasi agar kasus-kasus seperti itu tak terjadi di wilayah hukum Ogan Ilir.

Dalam hal pembinaan pelajar dan mahasiswa, pihaknya juga menginisiasi program berupa pendidikan berlalu lintas, kemudian juga membina pelajar sebagai pelopor disiplin lalu lintas.

Dalam hal pendidikan generasi penerus, pihaknya mengharapkan peserta didik dapat mengintegrasikan sisi emosional, intelektual dan spiritual sehingga terwujud manusia seutuhnya yang bukan hanya mampu mengejar target-target duniawi tetapi juga ukhrowi.

Sedangkan dalam membina personilnya yang “nakal”, pimpinan polisi dengan dua melati di pundaknya ini juga membangun kerjasama dengan “Kampung Tauhid” di Desa Pulau Semambu Kecamatan Inderalaya Utara.

“Anggota yang nakal kami sekolahkan di sana agar dibina rohaninya sehingga kembali pada norma-norma yang benar,” ujarnya.

Apa yang dilakukan itu menurut Kapolres terlihat hasilnya sehingga anggota yang bermasalah tersebut tampak berupaya memperbaiki diri.

Di sisi lain apa yang dilakukan Polres OI tersebut sejalan dengan skala prioritas Pemkab OI  di bawah kepemimpinan Bupati Mawardi  Yahya yang menitikberatkan pada pembangunan kesehatan, pendidikan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semua program itu tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa kamtibmas yang kondusif. Oleh karena itu upaya pemeliharaan kamtibmas makin menjadikan program pembangunan di OI dapat diwujudkan dari waktu ke waktu menuju kemajuan.

 

TEKS  : JUNAIDI ABDILLAH

EDITOR  : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *