Masjid dan Rutan Bakal Dilengkapi Perpustakaan

Ilustrasi Perpustakaan | Dok KS

Ilustrasi Perpustakaan | Dok KS

PAGARALAM – Upaya meningkatkan minat baca masyarakat di segala kalangan, Badan Perpustakaan Daerah, Arsip dan Dokumentasi akan memprogramkan pemembuatan perpustakaan di sejumlah masjid dan rumah tahanan. Demikian dikemukakan Kepala Badan Perpusda dan Ardok, Drs Supratman Sulaiman, kemarin (26/8).

Menurutnya, dalam rangka menumbuhkan minat baca di segala kalangan juga melibatkan sejumlah rumah ibadah yang tersebar di Bumi Besemah ini, pihaknya wacanakan pembuatan perpustakaan guna mewujudkan semua itu.

“Masjid merupakan tempat ramai yang kerap dikunjungi masyarakat untuk beribadah, seperti menunaikan salat dan kegiatan keagamaan lainnya. Kalau disediakan perpustakaan, tentunya warga bisa lebih bersantai dan menambah ilmu pengetahuan di masjid. Sehingga fungsi rumah ibadah tersebut sebagai pusat ilmu pengetahuan bisa dicapai,” terangnya.

Menyediakan beragam buku kanjutnya, dapat lebih membuat orang betah berlama-lama di masjid sembari menunggu waktu ibadah dapat memperoleh referensi baru terutama pengetahuan agama dan lainnya,” kata Supratman.

Sementara untuk rumah tahanan (rutan), semua warga memerlukan binaan. Sebab itulah fungsi wadah bacaan dimaksud, nantinya akan dilengkapi segala jenis buku di perpustakaan berikut melengkapi pembinaan yang dilakukan para petugas rutan,” ujarnya.

Selain itu katanya, warga binaan bisa mengembangkan keahlian yang mereka miliki. Bagi yang ahli pertanian dapat menambah ilmu seputar pertanian, demikian pula keahlian lain seperti bertukang dan lainnya dapat mengembangkan bakatnya.

“Meski begitu, rencana ini akan dikoordinasikan lagi dengan pihak Perpusda Provinsi Sumsel agar prorgam dimaksud dapat dicapai sesuai rencana,” sebutnya seraya berujar banyak baca banyak pengetahuan karena buka merupakan gudang ilmu.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *