Disbun OKI Kembangkan Kebun Tebu Rakyat

Ilustrasi Tebu | Ist

Ilustrasi Tebu | Ist

KAYUAGUNG – Guna mendukung swasembada gula, Pemerintah Kabupaten OKI, melalui Dinas Perkebunan (Disbun) setempat mulai mengembangkan kebun tebu masyarakat menjadi tanaman rakyat atau komoditi tanaman rakyat, sehingga kedepan mampu menjadi mata pencaharian andalan bagi masyarakat luas. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkebunan OKI, Ir Asmar Wijaya, MSi, Selasa (26/8).

Menurut Asmar, nantinya tanaman tebu itu akan dikembangkan di sejumlah kecamatan dalam kabupaten OKI, terutama di kawasan lahan kering.

“Ini merupakan salah satu program kita di tahun 2014 ini,” ujar Asmar.

Lanjut Asmar, sejauh ini pihaknya telah mulai gencar mensosialisasikan kemasyarakat terkait program ini. Karena itu, kata dia bagi masyarakat yang memiliki lahan kering bisa mengusulkan untuk penanaman tebu. Dimana bibitnya akan dibantu pemerintah yang telah dianggarkan melalui APBN pusat.

Untuk lahan kering sendiri yang cocok untuk tanaman tebuh” saat ini terdapat di Kecamatan Sungai Menang, Mesuji, Tulung Selapan dan Cengal.
Menurut mantan Kepala Dinas Pertanian OKI ini, sejauh ini perkebunan tebu di OKI sudah banyak, namun sayangnya masih banyak dimiliki oleh swasta. Namun sangat sedikit sekali perkebunan yang diolah oleh para petani.

“Melalui program ini kami ingin masyarakat langsung yang turun dalam pengembangan perkebunan tebuh ini, sehingga swasembada tebu di OKI benar-benar terealisasi,” tandasnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *