Daihatsu Palembang Peduli Thalasemia

Daihatsu Palembang gelar acara  peduli terhadap penderita penyakit Thalasemia. Dengan mengadakan funday bersama penderita Thalasemia dengan mengunjungi Palembang Square, Selasa (26/8).

Daihatsu Palembang gelar acara peduli terhadap penderita penyakit Thalasemia. Dengan mengadakan funday bersama penderita Thalasemia dengan mengunjungi Palembang Square, Selasa (26/8).

PALEMBANG – PT Astra Internasial, Tbk Daihatsu Palembang gelar acara  peduli terhadap penderita penyakit Thalasemia. Dengan mengadakan funday bersama penderita Thalasemia dengan mengunjungi Palembang Square, Selasa (26/8)..

Andi W Workshop Head Daihatsu Palembang mengungkapkan, peduli Thalasemia sendiri merupakan program tahunan PT Astra Internasional, TBK Daihatsu. “Ini adalah program tahunan Daihatsu, yakni mengajak penderita Thalasemia untuk bergembira bersama. Selain jalan-jalan, Daihatsu juga mengadakan donor darah dan menyumbang lima unit pompa suntik darah. Kegiatan ini dilakukan serentak di 10 kota, ” katanya

Andi menjelaskan Thalasemia, adalah sebuah kelainan darah yang terjadi karena faktor genetic membuat penderitanya harus melakukan transfusi darah seumur hidup. Secara fisik, seorang yang mengidap Thalassemia nampak tidak berbeda dengan orang sehat pada umumnya. Namun karena sel darahnya tidak sempurna secara genetis, maka tak ada kemungkinan untuk sembuh. Transfusi darah yang biasanya dilakukan oleh penderita sebulan sekali adalah cara untuk memperpanjang kesempatan hidupnya. Karena sering melakukan transfusi darah, dampak yang harus ditanggung penderita adalah meningkatnya kadar zat besi (Fe) dalam tubuhnya.

Jika hal ini dibiarkan maka lama-lama bisa meracuni organ hati dan ginjal. Solusinya, penderita harus disuntik dengan obat desferal (iron chelating) untuk membuang kelebihan zat besi dalam tubuhnya. Penyuntikan dilakukan di bawah kulit di daerah perut dengan pompa suntik khusus.

Melihat penderitaan para pengidap Thalassemia ini, Astra International Daihatsu tergugah untuk berbuat sesuatu dan untuk membantu penderita Thalasemia serta menekan pertumbuhannya di Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memberikan bantuan pompa suntik kepada Perhimpunan Orang tua Penderita Thalassemia indonesia.

“Ini adalah keuntungan surgawi buat Daihatsu. Semoga juga bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya,” ungkapnya.

Kepedulian Daihatsu terhadap Thalassemia jelas andi dilakukan dalam bentuk donor darah, donasi, kampanye Thalassemia serta Fun Day with Daihatsu bagi anak-anak pengidap Thalassemia. Kegiatan-kegiatan tersebut tak hanya dilakukan oleh head office namun juga digelar oleh seluruh cabang sehingga semua karyawan bisa terlibat dan berpartisipasi.

 

TEKS : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *