Alex Noerdin : Sekda OKU Seperti “Tunggu Tubang”

Alex Noerdin, Gubernur Sumsel

Alex Noerdin, Gubernur Sumsel

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin, melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Komering Ulu (OKU), Marwan Sobri di Graha Bina Praja, Pemprov Sumsel, Selasa (26/8).

Marwan sebelumnya adalah Asisten II Bidang Perekonomian , Pembangunan dan Keuangan Setda OKU. Ia menjabat sebagai sekda, menggantikan pejabat lama, H Umirtom yang memasuki masa pensiun.

Dibincangi usai pelantikan, Alex menyebut, sekda seperti tunggu tubang. Tunggu tubang sendiri, adalah kata yang biasa yang dipakai masyarakat Pasemah. Dalam adat masyarakat Pasemah, tunggu tubang adalah anak perempuan tertua dari suatu keluarga yang bertugas menunggu dan memelihara serta mengusahakan harta pusaka nenek moyang, secara turun temurun. Dimana harta tersebut milik bersama dalam keluarga itu dan sebagai tempat berhimpun atau bermusyawarah anggota keluarga.

“Sekda itu jabatan startegis dalam pemerintahan dan puncak karir bagi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti tunggu tubang, seorang sekda harus menjadi contoh dan teladan bagi semua PNS. Karena keberadaan sekda, selain sebagai pengayom, juga akan menjadi tempat para pegawai mengadukan masalah-masalah yang terjadi disekitar mereka bekerja,” kata Alex.

Selain itu sebut Alex, sekda yang baik adalah sekda yang mampu menyelesaikan seluruh masalah administrasi dan kesekretariatan daerah. Sekda juga harus teliti, menjaga dan memeriksa surat-surat apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya, sehingga kepala daerah tidak ragu lagi, untuk menandatangani surat-surat tersebut. “Saya pernah menjadi sekda selama dua tahun. Sekda harus bisa menyelesaikan persoalan administrasi pemerintahan. Karena itu, sekda harus bisa jaga gawang,” ucap Alex.

Alex menambahkan, OKU ini merupakan kabupaten besar dan kabupaten yang cukup tua. Karena dilihat dari kondisi daerah disana, banyak peninggalan-peninggalan orang-orangtua dahulu serta budayanya yang masih kental.

“Mari, jadikan momen ini sebagai momentum awal untuk membenahi, merawat, dan menjaga supaya OKU bisa semakin baik lagi kedepannya. Kemudian, biarlah apa-apa yang terjadi kemarin jangan sampai terulang lagi karena ini untuk menata yang akan datang,” ucap Alex.

Sementara itu, Sekda OKU, H Marwan Sobrie berjanji akan semaksimal mungkin untuk mengemban tugas yang dipercayakan padanya. “Tentunya semua sudah ada aturan yang berlaku, kita akan lebih tingkatkan tertib administrasi. Sekarang kondisinya sudah berbeda, namun untuk roda pemerintahan dipastikan tidak akan terganngu dan kita akan tingkatkan koordinasi dengan SKPD untuk memajukan OKU agar lebih baik,” tukasnya.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *