PNS Mutasi Demi Jabatan?

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

PALI – Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) seolah menjadi tempat  ‘pelarian’ bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang hanya ingin mendapatkan jabatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten PALI, Yuhairudin, Senin (25/8) menyampaikan, banyak permintaan mutasi PNS dari luar daerah ke PALI.
Dirinya tak menampik, banyak juga PNS ingin pindah kesini hanya untuk jadi ‘Raja’ dalam artian hanya mengincar jabatan puncak. Semacam ingin menjadi kepala dinas, kepala badan, kantor dan jabatan lainnya.

Terlebih PNS yang pangkatnya sudah tinggi  seperti pangkat 4A dan 3D senior.

“Masalahnya in, PNS berpangkat tinggi semacam 4A ini kadang-kadang tidak mau lagi jadi kepala bidang (Kabid).  Maunya itu tadi, Kadin. Ya, ini sudah seperti hukum alam. Memang banyak yang ingin jadi Raja disini. Ada yang nanya-nanya, ada peluang apa di PALI. Nah, Bupati kurang berkenan hal seperti itu. Belum apa-apa, sudah mau Eselon 2,” beber dia blak-blakan.

Kata Yukhok, panggilan akrab Yuhairudin, BKD dalam hal ini tidak mau gegabah menerima permintaan mutasi PNS dari luar kabupaten itu.

“Permintaan pindah tugas ini banyak. Tak sedikit yang membawa-bawa nama kolega,  pejabat bahkan membawa-bawa nama bupati. Tapi, kita juga selektif.  Lagian juga jabatan disinikan terbatas.  Yang jelas, siapa yang mau kerja, ayo kami silahkan pindah ke sini,” ajaknya.

 

TEKS  : INDRA SETIA HARIS

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *