Ormas dan LSM Harus Terdaftar Jika Ingin Dapat Bantuan

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARAENIM – Setiap tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim mengucurkan dana bantuan ke sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dana bantuan tersebut, berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muaraenim.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut menurut Asisten I Pemkab Muaraenim, Bulgani Hasan, Ormas maupun LSM harus terdaftar di Badan Kesatuan Banga dan Politik (Kesbapol) Muaraenim.

“Kita ingin bantuan yang diberikan tersebut, tepat sasaran. Karenanya bantuan itu, hanya diberikan kepada Ormas dan LSM yang terdaftar. Mereka juga harus mengajukan proposal sebelumnya,” kata Bulgani saat membuka penyuluhan kepada masyarakat, LSM dan Ormas di Muaraenim, Senin (25/8) di Gedung PGRI Muaraenim.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan tersebut haruslah dipertanggungjawabkan. Penggunaan dana bantuan itu sebutnya, harus sesuai dengan proposal yang diajukan. Bulgani menyebut, bantuan dalam bentuk dana hibah itu tidak diberikan setiap tahunnya.

“Kita menginginkan LSM dan Ormas di Muaraenim bisa mandiri, karenanya bantuan itu tidak bisa didapatkan setiap tahunnya. Bantuan yang kita berikan itu, adalah bentuk dukungan pemkab terhadap keberadaan Ormas dan LSM. Mereka adalah mitra pemerintah,  baik dalam pengawasan maupun pembangunan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Muaraenim, Firdaus AM mengatakan, saat ini di Muaraenim ada 32 Ormas dan 113 LSM yang terdaftar.  Ormas dan LSM yang terdaftar itulah, yang berhak mendapatkan dana bantuan.

“Untuk mendapatkan bantuan, mereka harus mengajukan proposal setahun sebelum pelaksanaan kegiatan. Proposal itu ditujukan ke bupati melalui Kesbapol. Namun proposal yang disampaikan itu, tidak serta merta langsung disetujui,” jelasnya.

Kesbapol terangnya, akan meneliti apakah LSM atau Ormas yang mengajukan propsal bantuan itu memang layak dibantu atau tidak. “Namun tidak semua LSM dan Ormas, akan mendapatkan bantuan. Bantuan itu, secara bergilir kita berikan kepada mereka,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *