Menuju Kursi OI 1 , Diprediksi 6 Pasangan Calon akan Bertarung

Kursi-Wakil-Rakyat

INDRALAYA – Pertarungan merebut kursi Ogan Ilir (OI), satu masih menyisakan 10 bulan lagi. Sejumlah nama yang diperkirakan mengikuti pertarungan tersebut satu persatu mulai muncul.

Tidak tanggung-tanggung, nama-nama calon tersebut berikut pasangan yang sudah santer di Ogan Ilir. Diprediksi, pada Pilbup 2015 mendatang, ada 6 pasang calon yang bertarung merebutkan kursi OI 1 dan 2.

Informasi yang dihimpun beberapa sumber, nama-nama tersebut seperti Muchendi, putra Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, Muslim. Keduanya diprediksi akan berpasangan melalui “perahu’ Partai Demokrat dan Gerindra.

Niat Muchendi dan Muslim maju dalam Pilbup nampaknya tidak akan mulus lantaran ada nama Asmawati (Anggota DPD –red), yang diprediksi berpasangan dengan Kanovriandri (Ujang Rasyid –red), juga ikut dalam perburuan kursi OI 1.

Selain itu juga muncul nama Hj Mapilinda Syahrial Oesman diisukan berpasangan dengan Ahmad Syafei, Ketua DPD Nasdem Ogan Ilir. Junaidi, adik dari Iskandar Bupati OKI sekaligus adik Hatta Rajasa, Direktur Puskaptis, Husein Yazid.

PDIP juga tidak mau kalah. Santer beredar, nama Andi Wijaya Busro atau Syaiful. Bahkan, nama Andi Wijaya  akan meminang HM Daud Hasyim yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Ogan Ilir.

Istri bupati yang juga Ketua PKK OI, Hj Fauziah Mawardi dikabarkan pasangan dengan Ketua PU BM OI, H Muhsin Abdullah atau Kepala Dinas Pendidikan, H Sudarta. Sedangkan Sekda OI, H. Sobli juga akan maju,

pasangannya juga masih tanda tanya. Hendri Zainuddin, diisukan juga ikut ambil bagian dalam pertarungan tersebut.

Sayangnya, hingga saat ini, nama-nama tersebut belum berani menyatakan diri ikut bertarung dalam Pilbup nanti. Hanya ada satu nama yakni Ditektur Puskaptis, Husin Yazid yang baru mempromosikan diri maju.

Sementara itu, Pengamat Politik Ogan Ilir, Aji Alamsyah, Senin (25/8) mengakui, bahwa Pilbub Ogan Ilir mendatang akan diramaikan tokoh-tokoh politik yang namnya sudah melambung.

“Kalau saya amati, untuk saat ini cuaca politik jelang pilbub Ogan Ilir mendatang masih cair, seperti para calon yang akan maju masih lihat kondisi dan situasi, dimana masih membaca arah koalisi Prabowo kemarin,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, meskipun demikian saat ini sudah ada yang gencar melakukan sosialisasi seperti nama, Husein Yazid, Hj Fauzia, Ahmad Syafei, dan ada lagi yang lainnya.

“Kalau yang mau maju sepertinya memang banyak selain nama diatas ada lagi nama Muchendi, Muslim, Hendri Zainuddin, Kutbi, Junaidi, dan lain-lainnya,” katanya.

Untuk itu dirinya berharap, agar tidak ada lagi Money Politik dan lain sebagainya yang bisa mencedrai demokrasi ini. “Memang dua hal modal maju pileg, pilbub, dan pilgub ini, pertama popularitas dan isi tas.

Nah, yang merusak ini isi tas ini, kalau salah guna itu tadi merusak demokrasi kita,” ucapnya.

Terpisah,  Ketua KPU Ogan Ilir, Annahrir didamping Divisi Hukum, Amrah Muslimin mengatakan, tahapan pilbub dijadwalkan mulai awal Juli mendatang, dan hari pesta demokrasi Ogan Ilir bulan Agustus 2015.

“Saat ini kita masih menunggu dana, dimana sudah kita ajukkan enam bulan yang lalu. Mudah-mudahan, anggaran tersebut secepatnya cair,” ungkapnya.

Memang lanjutnya, pilbub Ogan Ilir masih terbilang lama, atau masih lebih kurang satu satu tahun lagi. Namun, pihaknya memprediksi banyak tokoh-tokoh baru yang akan muncul di Pilbub nanti.

Teks : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *