Anggota Dewan Jangan Lagi “Mandul”

DPRD

EMPAT LAWANG – Masyarakat Kabupaten Empat Lawang berharap dewan yang baru dilantik, Senin (25/8), tak mandul untuk memperjuangkan hak-hak rakyat. Hal ini didasari agar ada sinergi antar eksekutif dengan legislatif untuk lebih inspiratif dan inovasi dalam membangun Kabupaten Empat Lawang kedepannya.

Harapan ini disampaikan sejumlah masyarakat Empat Lawang, yang dibincangi kemarin. Hendri (42), warga Kecamatan Tebing Tinggi ini misalnya. Menurutnya, banyak permasalahan yang jadi Pekerjaan Rumah (PR) untuk diselesaikan oleh anggota dewan periode 2014-2019.

Misalnya kata Hendri, kesemrawutan yang terjadi di Pasar Tebing Tinggi. Begitu juga dengan sarana transportasi, yang belum memadai di sejumlah kawasan di Kabupaten Empat Lawang juga harus segera disikapi oleh anggota dewan.

“Memang Pemkab Empat Lawang, sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi kesembrawutan di kawasan Pasar Empat Lawang dengan mengalihkan pasar tersebut ke Pulau Emass dan Jalan Lingkar. Namun bisa saja, anggota dewan yang baru punya solusi lain,” terangnya.

Selain itu sebut Hendri, anggota dewan juga harus berpikir bagaimana mencari sumber pendanaan lain untuk pembangunan di Empat Lawang. Artinya, pembangunan di Empat Lawang jangan hanya tergantung dengan dana APBD. Dengan begitu sebutnya, maka pembanguan bisa lebih cepat dilakukan.

Hendri juga menyebut, saat ini sarana transportasi di Empat Lawang, belum memadai seperti sarana transportasi di dalam kota apalagi sarana transportasi antar kecamatan. “Harusnya Empat Lawang belajar dengan kabupaten dan kota lain di Sumsel,” harapnya.

Sementara itu anggota dewan terpilih, H David Hadrianto Aljufri menyebut sangat sepakat dengan pendapat masyarakat tersebut. Dia menyebutkan, anggota dewan memang banyak yang baru, tapi bukan tidak mengerti akan tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat.

Justru dengan banyaknya wajah-wajah baru di DPRD Empat Lawang tersebut terang David, bisa membuat kinerja DPRD Empat Lawang lebih semangat.  “Kita mesti semangat dalam membangun, bersinergi, dan bekerja sesuai tupoksi,”ucapnya sembari menyatakan akan ada banyak pelatihan-pelatihan bagi anggota dewan periode 2014-2019.

Peningkatan kualitas dan kinerja anggota DPRD Empat Lawang juga menjadi sorotan Bupati Empat Lawang,  H Budi Antoni Aljufri (HBA). Orang nomor satu di Empat Lawang ini berharap, kedepan para wakil rakyat lebih aktif menyerap aspirasi masyarakat, dengan kata lain lebih banyak turun ke masyarakat menjaring aspirasi.

“Kita harap dewan kedepan tahu tugas dan fungsinya, makanya diklat dan pelatihan penting. Kita juga akan anggarkan itu, dimaklumi sebagian besar kursi DPRD kedepan banyak anggota baru,” kata HBA seraya berharap eksekutif dan legislatif kedepan bisa bersinergi, bersatu dalam membangun Empat Lawang.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *