Minim Fasiltas, Penangganan Sampah di Pagaralam Tak Optimal

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA |

PAGARALAM – Upaya mewujudkan kebersihan lingkungan sekaligus mendukung program pemerintah, warga Tebat Baru Ilir Kelurahan Tebat Giri Indah Kecamatan Pagaralam Selatan, tegaskan kondisi lingkungannya minim bak-bak penampuangan sampah. Hal itu dikemukakan Amin Ketua RT 02, Kelurahan Tebat Giri, Ahad (24/8).

Menurutnya, guna mengatasi volume sampah  kian meningkat setiap harinya, saat ini pihaknya butuh penambahan bak-bak sampah guna mengatasi semua itu.

“Ya, untuk mengatasi adanya penambahan volume sampah yang dinilai banyak berserakan diluar bak penampungan, kita butuh penambahan bak-bak penampungan. Jika ada penambahan fasilitas tersebut, setidaknya dapat memininilisir terjadinya peningkatan volume sampah setiap harinya,” kata Amin.

Jika diperbanyak bak-bak penampungan lanjutnya, selain lokasi yang ada lebih tertata termasuk pula menopang kebersihan di lingkungan masyarakat.

“Minim fasilitas, akhirnya banyak dijumpai tumpukan sampah hingga berserakan disisi badan jalan,” katanya seraya berujar saat ini kita membutuhkan sekitar 20 unit kotak sampah yang nantinya akan disebar pada titik-titik padat penduduk.

Akibat kekurangan bak sampah ini kata Amin, tiap kali menghadiri rapat bersama pihak kelurahan setempat sudah berapa kali disampaikan kepada pihak keluhan yakni penanganan persampahan yang tidak optimal.

“Padahal kita sudah berulang kali mengusulkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pagaralam agar permasalahan ini dapat segera diatasi demi terwujudnya kebersihan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Tebat Giri Indah Surmida SE mengatakan, pihaknya telah mengajuakan penambahan fasilitas tersebut ke Dinas Kebersihan dan Badan Pengelolahan Lingkungan Hidup agar permasalahan persampahan dapat segera diatasi dengan baik.

“Semoga usul kita ini dapat ditindaklanjuti guna mengatasi permasalahan pengelolaan persampahan yang ada demi terwujudnya pola hidup bersih dan bermartabat,” singkatnya.
TEKS      : ANTONI STEFEN

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com