Fantastis, Harga Sapi Qurban Tembus Rp15 Juta per-ekor

Ilustrasi Sapi Kurban | Dok KS

Ilustrasi Sapi Kurban | Dok KS

INDERALAYA – Meski Hari Rari Raya Idul Adha, masih menyisakan sekitar satu bulan ke depan, namun harga hewan kurban seperti Kambing dan Sapi saat ini sudah mulai naik.

Saat ini, untuk harga satu ekor sapi qurban dipatok mulai Rp13juta-Rp15 juta per-ekor. Sementara untuk harga kambing qurban berkisar dari Rp 2-Rp3 juta tergantung besar ukuran badan hewan.

Roni (46), warga Indralaya mengatakan,  tinggi rendahnya harga sapi saat ini tergantung dari bobot berat dan kualitas sapi, seperti kualitas kesehatan, kemulusan, kebersihan, dan lainnya. Terlebih hewan untuk konsumsi qurban saat ini perlu benar-benar memperhatikan bobot

dan kualitasnya.

“Sehingga berakibat pada kenaikan harga. Sapi dengan berat 80kg seharga Rp 13 juta. Sapi dengan barat 100kg bisa tembus Rp15 juta per-ekor. Untuk kambing biri-biri sendiri dihargai Rp2,5 juta

per-ekor,” ungkapnya, Minggu (24/8 kemarin.

Ia menambahkan, saat ini dirinya sudah mendapatkan banyak pesanan dari pembeli dan akan diambilnya beberapa hari jelang Idul Adha.

“Alhamdulillah, sudah banyak yang pesan. Pembeli titip dulu, nanti sekitar dua hari mau Idul Adha, diambil. Ado tiga ekor sapi dan enam kambing, yang sudah dipesan oleh pembeli,” katanya.

Dirinya memprediksi, pembeli hewan qurban akan terlihat lonjakan bila sudah memasuki minggu ketiga bulan September nanti. “Ya, pertengahan September, kami prediksi sudah mulai ada peningkatan pembeli hingga jelang Idul Adha,” tuturnya.

Hal yang sama juga diungkapkan, Andi, peternak sapi lainnya. Menurutnya, kenaikan harga sapi qurban dinilai lumrah saat jelang Idul Adha.

“Ya, wajar Mas, banyak permintaan, sedangkan  sapinya juga sedikit. Tingginya harga sapi kan ada kriterianya. Kita menjual sapi-sapi yang berbobot cukup dan bersih kulitnya. Tidak sembarang jual,” paparnya.

Saat ini, lanjut Andi, dirinya sudah memiliki pesanan meski belum terlihat banyak. “Alhamdulillah baru dua ekor. Biasanya, setiap tahun bisa mencapai 10 ekor sapi. Mungkin karena ini masih bulan Agustus,” pungkasnya.

 

Teks  : Junaedi Abdillah

EDITOR : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *