Disiplin Pegawai Kemenag Empat Lawang Dapat Sorotan

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

EMPAT LAWANG – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Hambali memberikan sorotan terhadap kinerja dan kedisiplinan pegawai di lingkungan Kantor Kemenang Empat Lawang.

Menurutnya, disilpin pegawai di Kemenang Empat Lawang masih perlu ditingkatkan. Walaupun begitu, ia masih memberikan toleransi namun disiplin tersebut dimintanya ditingkatkan.

Hambali juga menyebut, sejauh ini belum ada catatan buruk di Kemenang Empat Lawang. Ia berpesan, semua pegawai untuk tetap saling membantu, toleransi serta menjaga nama baik. “Untuk jajaran Kemenang Empat Lawang, saya minta agar menjaga nama baik,” tegas Hambali pada halal bihalal di lingkungan Kemenag Empat Lawang, Sabtu (23/8).

Disampaikan Hambali, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), ia tidak ingin ada pandangan negatif masyarakat tentang Kemenag.

Karenannya sebut Hambali, dibutuhkan kepedulian sesama baik pimpinan dan bawahan agar menjaga nama baik instansi.  Sesuai dengan motto Kabupaten Empat Lawang yaitu Saling Keruani Sangi Kerawati, demikian juga hendaknya semua jajaran di Kemenag.

Semuanya sebut Hambali, harus bahu-membahu didalam menjalankan tugas pelayanan ke masyarakat serta meninggalkan sifat egois agar tercipta suasana kondusif di lingkungan tempat kerja. “Kita memang harus mentaati aturan, karena sudah banyak fasiltas kita nikmati, tentunya kita dituntut mantaati aturan terutama kehadiran baik itu staf dan terutama para guru,” ajaknya.

Hambali juga meminta, P3N di Kabupaten Empat Lawang untuk mentaati PP Nomor 48 tahun 2014 tentang Perubahan PP Nomor 47 tahun 2004. Dalam PP tersebut bebernya, P3N tidak boleh memungut biaya pencatatan nikah melebihi Rp 600 ribu.

Sebab jika itu terjadi, Kanwil Kemenang Sumsel tidak segan-segan menindak oknum yang melakukan pungutan melebihi ditetapkan pemerintah tersebut. “Tidak ada biaya lebih, harus ingat P3N itu adalah petugas pembantu pencatan nikah. Jadi, hanya diperlukan jika dibutuhkan,” sebutnya.

Lebih jauh Hambali berpesan, bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional 2014 akan dilaksanakan di Sumsel. Oleh sebab itu, seluruh jajaran Kemenag Empat Lawang harus mendukung kegiatan tersebut,  khusus kantor KUA dan madrasah agar dapat menyampaikannya kepada masyarakat betapa pentingkan kesuksesan acara tersebut.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Empat Lawang H Khusrin menyampaikan, mengenai disiplin dan kinerja jajaran kemenag Empat Lawang, terus diupayakan evaluasi hingga ke petugas di lapangan.

Namun, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dan dukungan dari Kanwil Sumsel, terutama mengenai kemajuan Kemenag Empat Lawang. Antara lain, memaksimalkan jumlah tenaga dan petugas dilapangan, karena saat ini masih tergolong minim.

“Saat ini tercatat 86 orang PNS, 145 orang P3N dan penyuluh 63 orang. Ya ini minim, namun tidak menjadi alasan, kami siap menjalankan tugas menuju reformasi sistem reformasi birokrasi berwibawa di kemenag Empat Lawang,” tukasnya.

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *