XL Bukukan Pendapatan Rp 11,6 Triliun

xl
PALEMBANG –
PT XL Axiata Tbk. (XL) perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, membukukan pendapatan sebesar Rp 11,6 Triliun meningkat 12 persen dibandingkan tahun lalu. hal ini seiring dengan pertumbuhan pendapatan layanan Data yang meningkat sebesar 45%, dimana layanan percakapan dan SMS masing-masing tumbuh sebesar 5% dari tahun lalu. Pemakaian pendapatan tumbuh 14% dan 16% dari kuartal sebelumnya.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, kinerja XL kembali tumbuh meyakinkan selama semester pertama tahun ini dengan layanan data kembali mencetak pertumbuhan yang signifikans ehingga meningkatkan kontribusinya dari 22% menjadi 28% terhadap total pemakaian pendapatan XL.

“Sesuai dengan fokus kami pada layanan data, kami kembali melihat adanya peningkatan penggunaan layanan data yang mendorong  peningkatan trafik data secara signifikan hingga 158% dari tahun lalu. Pencapaian ini tentunya merupakan hasil dari upaya kami yang berkesinambungan untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan penawaran-penawaran yang menarik bagi pelanggan,” katanya.

XL mempromosikan lagi paket data Internet Unlimited dengan batas penggunaan secara wajar, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman layanan data kepada pelanggan baru.Paket ini diterima dengan baik oleh pelanggan yangterlihat dari adanya peningkatan trafik layanan data dan juga jumlah pelanggan selama semester pertama 2014.

Pada kesempatan yang lain, XL juga kembali menawarkan beragam paket bundling untuk meningkatkan penggunaan layanan data melalui beragam handset seperti HTC One Mini, Blackberry Z3, Samsung Galaxy Trend Lite dan lainnya.

“XLmenjalin kerja sama lagi dengan Samsung pada kuartal kedua untuk paket bundling handset yang berfokus untuk menfasilitasi penggunaan layanan data dengan device yang tepat untuk jaringan XL,” ucapnya.

Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan kemudahan dalam membeli paket-paket layanan, XL juga bekerja sama dengan beberapa merchant non-tradisional maupun online shop untuk menfasilitasi pelanggan dalam membeli pulsa dan paket-paket layanan data kapan dan dimana saja.

Dia menambahkan, jumlah pelanggan XL telah mencapai 62,9 juta pelanggan, meningkat 16% dibandingkan tahun lalu. Sedangkan pelanggan Data XL mencapai 32,2 juta pelanggan atau 51% dari total pelanggan. Adapun pengguna smartphone XL mencapai 21% dari total pelanggan atau sebanyak 13,3 juta pelanggan selama kuartal pertama 2014.

Hasnul berkata, untuk terus mendukung penggunaan dan permintaan layanan, pihaknya terus menambah BTS termasuk Node B di berbagai wilayah di Indonesia. “Kami telah menambah 993 Node B sehingga total Node B yang kami miliki mencapai lebih dari 15.000 Node B sampai dengan semester pertama 2014. Secara totaljumlah BTS (2G & 3G) XLsaat ini mencapai 47.814 BTS,”katanya.

XL juga telah berinisiatif melakukan transformasi jaringan yang dilakukan sejak awal tahun 2014 dan telah memberikan hasil yang positif pada jaringan XL, sehinggadapat meningkatkan kecepatan jaringan sebesar 150% dari sebelumnya dan disertai dengan kapasitas yang lebih besar.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *