SBY Direncanakan Buka MTQ Internasional

Presiden RI, Susilo Bambang yudhoyono

Presiden RI, Susilo Bambang yudhoyono

PALEMBANG – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), direncanakan bakal membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional, yang akan diselenggarakan di Palembang pada 23 September mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel, Richard Chahyadi saat dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (22/8). Menurut Richard, pada pembukaan tersebut juga akan dihadiri Menteri Agama (Menag) dan sejumlah menteri lainnya termasuk duta besar negara-negara sahabat.

“Surat permohonan untuk pembukaan MTQ itu, sudah kita sampaikan ke Sekretariat Negara. Kita tunggu saja, kemungkinan besar presiden yang akan membukanya. Sementara untuk duta-duta besar negara sahabat, kita masih menunggu konfirmasi kehadiran mereka saat pembukaan MTQ tersebut,” kata Richard.

Selain itu terang Richard, kabupaten/kota di Sumsel sudah diminta untuk menyemarakkan event tersebut dengan cara menampilkan kesenian tradisional kabupaten/kota tersebut. Palembang, Banyuasin, Muaraenim, OI, Muba, Lahat, Lubuklinggau, Pagaralam, OKU Timur, dan OKU sudah bersedia.

“Sementara Prabumulih dan OKU Selatan, PALI dan Muaratara belum memberikan konfirmasi. Kita juga menerima utusan dari Kabupaten Lebong, Bengkulu. Mereka akan menampilkan seni tradisional mereka di kegiatan tersebut. Ini menunjukkan kalau event ini, sudah mulai menggaung di Indonesia,” bebernya.

Untuk sosialisasi lanjutnya, panitia bersama 14 penari opening-closing MTQ International 2014, sudah membagikan 2.000 stiker di tiga titik di Palembang yakni Simpang Charitas, , Simpang Polda, dan Simpang Empat Tanjung Api-api (TAA).

“Kami lakukan tiga kali tahapan sosialisasi, di akhir Agustus, awal September, dan pertengahan September. Khusus di awal dan pertengahan September, stiker yang dibagi sebanyak dua kali lipat atau sekitar 4.000 lembar stiker,” ujarnya.

Stiker-stiker itu jelas Richard, juga akan ditempelkan ke kendaraan. Targetnya, agar masyarakat Sumsel mengetahui adanya kegiatan tersebut. “Kita menginginkan masyarakat turun berpartisipasi mensukseskan MTQ internasional ini,” harapnya.

Richard juga menyebut, saat pembukaan nanti bakal ada mobilisasi massa. Diprakirakan ada sekitar 3 ribu sampai 4 ribu akan di mobilisasi, untuk menyemarakkan pembukaan. “Saat pembukaan tidak dipungut biaya, semua boleh masuk. Kami juga menyediakan layar lebar di dua titik baik di venue maupun stand pameran,” urainya.

Bagaimana dengan pengamanan ? Richard menyebut, panitia melibatkan TNI, Polri dan Pol PP untuk pengamanan di venue, tempat tinggal peserta dan jalur kedatangan. Dibeberapa tempat, akan dipasang metal detektor.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menerangkan, saat ini pelaksanaan MTQ tersebut sudah hampir 75 persen. rampung. “Sejumlah negara-negara peserta, sudah memberikan konfirmasi kehadirannya termasuk Palestina dan Amerika Serikat,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *