Pendiri PAN Sesalkan Pemecatan Kader di Sumsel

 

PALEMBANG – Pemecatan terhadap sejumlah Ketua DPD dan kader di Partai Amanat Nasional (PAN) di Sumatera Selatan (Sumsel), disesalkan salah satu pendiri PAN di Sumsel, Hj Fatimah Rais. Adik kandung pendiri partai berlambang matahari terbit, Amien Rais itu mempertanyakan alasan seperti apa, bisa dikatakan kader tidak loyal terhadap partai terlebih PAN di Muba, yang menurutnya sudah bagus.

“Saya baru mendengar kabar itu dari media massa dan beberapa kader, yang menghubungi saya melalui telepon genggam. Memang kalau secara langsung, saya belum ketemu dengan Lucianty Pahri maupun Pahri dan kader lainnya yang dipecat,” kata mantan Ketua DPW PAN Sumsel ini kita dibincangi, Jumat (22/8).

Salah satu tokoh Aisyiyah dan Muhammadiyah Sumsel ini menyebut, harusnya jika ada kader yang melakukan kesalahan bukan langsung dipecat namun diberikan teguran terlebih dahulu. Teguran ini, diberikan sampai dua kali setelah itu baru dilakukan pemecatan.

“Menurut saya pribadi sejauh ini kinerja kader yang dipecat tersebut, terutama di Muba sudah bagus. Buktinya,  perolehan suara di Pileg lalu meningkat bahkan di Muba, PAN meraih pimpinan dewan. Jujur saya belum lihat surat pemecatan itu, namun untuk memecat harus melalui proses dan mediasi apalagi yang dipecat itu adalah caleg terpilih,” ungkap mantan Wakil Ketua DPRD Sumsel ini.

Fatimah juga meminta partai yang dibesarkannya di Sumsel itu menjelaskan, standar loyal atau tidaknya seorang kader. “Kalau perolehan suara di Pilpres atau Pemilukada, itu tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur loyalitas. Sebab itu selain usaha, figur juga mempengaruhi perolehan suara,” ungkapnya.

Terakhir, Fatimah mengimbau agar pengurus dan kader di PAN lebih jernih berfikir dalam mengambil keputusan atau kebijakan, apalagi jika keputusan yang dibuat itu salah. “Putusan yang dibuat, harus sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) partai,” tukasnya.

 

TEKS          : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *