Kepala BLH Palembang : Baru 14,8 % yang Manfaatkan Sampah

Aktivitas pengolahan Sampah | Foto ; Bagus Kurniawan KS

Aktivitas pengolahan Sampah | Foto ; Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Thabrani mengatakan, peran serta 13.386 kader lingkungan di Kota Palembang sangat berperan dalam meraih piala Adipura Kencana. Namun sayangnya, hanya 14,8 persen saja yang bisa memanfaatkan sampah menjadi barang bermanfaat.

“Kader lingkungan yang dibentuk BLH salah satu kunci sukses Palembang dalam meraih penghargaan tertinggi dibidang kebersihan, yakni piala Adipura Kencana,” katanya belum lama ini.

Menurut Thabrani, banyak inovasi baru yang dilakukan kader lingkungan Palembang, terutama dalam penanggulangan kebersihan. Tapi, sebutnya, yang mampu mendaur ulang sampah menjadi barang bermanfaat masih terbilang minim. “Angkanya baru 14,8 persen. Tapi, kedepannya kami akan berupaya untuk lebih meningkatkan inovasi mereka sehingga angkanya naik minimal menjadi 20 persen,” ujarnya.

Thabrani menyebutkan, pihaknya selalu memberikan sosialisasi kepada kader lingkungan. Misalnya pemahaman terkait kebersihan lingkungan, seperti bahaya membuang sampah sembarangan, pemanfaatan sampah dan lainnya. “Jadi sebelum sampah dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), ada sampah yang dapat dikelola terlebih dahulu sehingga menjadi barang berguna,” jelasnya.

Lebih jauh Thabrani menjelaskan, seharusnya bukan hanya kader lingkungan yang bisa memanfaatkan sampah menjadi barang berharga. Tetapi, masyarakat juga diharapkan bisa melakukan hal yang sama.

“Sampah yang bisa dimanfaatkan adalah sampah non organik, seperti kemasan plastik, bungkus permen, botol plastik, dan lainnya. Dari sampah itu bisa dijadikan tas, tempat laptop, bunga hiasan dan lainnya. Sangat banyak manfaatnya. Dan bisa menghasilkan uang. Tinggal mau atau tidak,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *