Kapolres Empat Lawang : Melanggar, STNK Langsung Disita

Operasi Zebra 2013 . Razia Kendaraan Oleh Pihak Polisi

Ilustrasi Razia | Dok KS

EMPAT LAWANG – Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), Satuan Lalulintas Polres Empat Lawang menggelar razia rutin. Pasalnya, sepanjang Agustus 2014 ini, tercatat enam korban lakalantas tewas dan kesemuanya tidak mengenakan helm.

Kapolres Empat Lawang AKBP M. Ridwan melalui Kasat Lantas AKP Marully menjelaskan, razia rutin dimulai dari kelengkapan helm pengendara, jika ada pelanggaran dilakukan penilangan STNK sebagai efek jera. “Tidak di satu tempat, razia dilakukan berpindah ke seluruh wilayah hukum Empat Lawang,” jelas Marully, kemarin.

Saksi ? sebut Marully, tidak ada lagi sistem teguran dan pembinaan bagi pelanggaran. Sebab selama ini dalam operasi ketupat sudah disosialisasikan ke masyarakat. Khusunya pengendara sepeda motor agar melengkapi surat menyurat kendaraan seperti STNK, SIM dan memakai helm.

Namun itu nampaknya tidak terlalu dihiraukan oleh pengendara karena sampai saat ini masih saja banyak yang melanggar tata tertib berlalulintas. “Tidak ada lagi sistem teguran atau sosialisasi kepada pengendara, apabila ada yang melanggar langsung kita sanksi dengan memberikan surat tilang,” tegasnya.

Untuk pelanggaran, lanjut Marully, kebanyak pengendara itu tidak memakai helm dan paling dominan itu yang membongceng. Ini mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat jarang memakai helm setiap mengendarai motor. Nah kebiasaan buruk seperti ini lah yang mesti kita rubah secara bertahap.

“Untuk mensiasati hal tersebut kita melakukan razia secara rutin, jadi dengan adanya razia seperti ini mereka itu merasa takut. Setiap hendak berpergian baik hendak kepasar atau kemanapun mereka menggunakan helm, ” katanya lagi.

Lebih lanjut dia menghimbau kepada pengendara bermotor setiap hendak berpergian harus melengakapi surat menyurat kendaraan dan memakai helm. Karena helm itu sangat penting menjaga keselamatan.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com