IKPM OKI Kenalkan Adat Minang

Ilustrasi Rumah Gadang Khas Minang | Foto : Ist

Ilustrasi Rumah Gadang Khas Minang | Foto : Ist

KAYUAGUNG – Walaupun berada di tanah perantauan, semangat kebersamaan para Ikatan Keluarga Perantau Minang (IKPM) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam memeriahkan HUT Republik Indonesia (RI) tak kalah dengan masyarakat pribumi Kayuagung. Hal ini terlihat saat anggota IKPM OKI mengikuti pawai pembangunan dalam rangkaian acara HUT RI belum lama ini. Dengan berbagai atribut pakaian adat minang mereka tampil percaya diri dihadapan para peserta dan panitia yang menyaksikan kegiatan tersebut.

Anggota IKPM di OKI yang notabennya berasal dari latarbelakang berbeda, seperti pedagang dan PNS membaur menjadi satu. Diberbagai kegiatan, seperti HUT RI dan acara lainnya. Menurut Ketua IKPM OKI, Dedi Rusdianto, SPd. Organisasi IKPM OKI setidaknya memiliki ribuan anggota yang tersebar di Kabupaten OKI dengan berbagai latarbelakang.

Kata Dedi, melalui HUT RI merupakan kesempatan untuk IKPM bias dikenal luas masyarakat.”Nah nanti kan orang akan mengenal, oh ini toh IKPM ternyata organisasi para perantau dari Padang, ” kata Dedi.

Semengat untuk salalu menjunjung adat isitiadat tanah kelahiran tetap dipegang teguh, walaupun jauh di negeri orang. Dedi sendiri mengaku bangga dipercaya menjadi ketua IKPM OKI, dan dirinya berusaha memajukan organisasi tersebut dibawah kepemimpinannya.

“Kita berusaha menjaga kekompakan, itulah kunci agar IKPM selalu solid,” ujar Dedi.

Hal senada dikatakan Nafion, SPd MSi, kepala SMKN 1 Kayuagung ini, yang merupakan wakil IKPM OKI, mengatakan, penampilan dan ikutsertaan para anggota IKPM dalam perayaan HUT RI di Kabupaten OKI, merupakan bentuk partisipasi masyarakat minang perantauan, yang sangat mencintai Negara RI,

“Melalui ini juga kita bisa memperkenalkan adat istiada minang lewat kegiatan pawai pembangunan tersebut,” tandas Nafion.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *