Dewan Lama Dapat Uang Pengabdian, DPRD Terpilih Dilantik 18 September

Ilst. DPR

Ilst. DPR

KAYUAGUNG – Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), A Fauzi, mengatakan, untuk pelantikan para anggota dewan terpilih priode 2014-2019 akan dilangsungkan pada 18 September mendatang.

Menurut dia persiapan untuk pelantikan itu, sudah dilakukan, sesuai usulan dari KPU dan petunjuk dari gubernur Sumsel mengenai jadwal pelantikan sudah diterima.

“Kita sudah menerima petunjuk dari pemerintah provinsi Sumsel yang ditujukan ke bupati OKI  tentang jadwal pelantikan anggota dewan yang berlangsung 18 September nanti,” ungkapnya.

Menurut Fauzi, 45 anggota DPRD Periode 2014-2019 yang akan dilantik itu 26  orang merupakan wajah baru yang berasal dari peserta pemilu legislatif April lalu. Sementara wajah lama yang masih bertahan dan dipercaya oleh pemilih untuk kembali menduduki kabatan sebagai anggota dewan di Bumi Bende Seguguk ini terdapat 19 orang yang juga nantinya dilantik.

Anggota dewan yang masa jabatan berakhir september mendatang akan diberikan uang jatah pengabdian.

“Yang masa pengabdiannya full, uang jatah pengabdian yang akan diterima besarannya 3 bulan gaji pokok, yang tidak full maka akan kita sesuaikan,” ucap Fauzi.

Mengenai penarikan kendaraan dinas yang dipinjam pakaikan ke sejumlah anggota dewan, Fauzi menuturkan, pihaknya memberikan tengat waktu hingga 1 bulan usai masa jabatan anggota dewan yang bersangkutan berakhir.

“Kita tidak boleh terburu-buru, kita berikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk menyerahkannya sendiri,” ucapnya.

Ditambahkannya, jika hingga batas akhir penyerahan anggota dewan yang memegang kendaraan dinas tetap tidak menyerahkannya ke Sekretariat DPRD OKI, maka pihaknya akan menarik paksa kendaraan operasional tersebut.

“Ya, jika tetap tidak mengembalikan maka akan kita tarik paksa, soalnya kendaraan dinas itu milik pemerintah daerah, tidak ada yang bisa mengambilnya dan menganggap itu hak anggota dewan,” tandasnya.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan mengatakan 45 orang yang akan dilantik September mendatang, setelah sebelumnya diajukan ke Gubernur untuk disahkan. Segala sesuatu untuk pengesahan yang akan dilakukan oleh Gubernur Sumsel, terhadap administrasi surat menyurat sudah diajukan. Termasuk juga yang ditujukan kepada Bupati maupun Sekretaris Dewan, untuk persiapan pelantikan yang akan dilakukan pada 18 September.

“Ya persiapan pelantikan untuk anggota dewan yang baru sudah kita lakukan sekarang ini, hanya tinggal menunggu SK dari gubernur,” ungkap Dedi.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *