PDAM Tirta Musi Baru Realisasikan 4.000 MBR

ilustrasi

PALEMBANG – Program subsidi instalasi sambungan air bersih PDAM Tirta Musi bagi 6.000 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang dimulai dilakukan 2013 lalu, ternyata hingga Agustus 2014 ini belum juga selesai.

“Dari kuota 6.000 sambungan langganan (SL), baru 4.000 yang selesai. Sekarang tinggal 2.000 SL, dan saat ini masih dalam proses, kami targetkan September mendatang sudah selesai semuanya,” kata Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Cik Mit, Kamis (21/8).

Cik Mit menyebutkan, dari kuota subsidi sebanyak 6.000 tersebut, yang paling banyak mendapatkan subsidi adalah kawasan Seberang Ulu (SU), seperti SU I, SU II dan Kertapati. “Rata-rata masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran. Kecamatan SU I berada di Kelurahan 3-4 Ulu, Kelurahan 15 Ulu dan lainnya,”ujarnya.

Cik Mit menjelaskan, untuk mendapatkan subsidi instalasi air bersih dari PDAM Tirta Musi tersebut, ada beberapa syarat yang harus di penuhi calon pelanggan untuk mendapatkan biaya murah tersebut.

“Belum memiliki sambungan langganan air minum dari PDAM Tirta Musi, luas bangunan rumah calon pelanggan berukuran maksimal 60 meter persegi, daya listrik di rumah calon pelanggan maksimal 1.300 VA, kemudian rumah yang akan dipasang istalasi air bersih itu merupakan rumah pribadi dengan bukti kepemilikan hak atas tanah atau bangunan yang sah,” bebernya.

Sambung Cik Mit, biaya yang harus dikeluarkan calon pelanggan MBR tidak sebesar pelanggan leguler. Sebutnya, MBR hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 300 ribu saja. “Kalau instalasi untuk pelanggan reguler, mereka harus bayar uang sebesar Rp 1,1 juta. Ini untuk membantu mereka MBR,” jelasnya.

Cik Mit menambahkan, program subsidi instalasi air bersih bagi MBR itu, merupakan bantuan dari Australian Institute of  Interpreters and Translators (AUSIT), dimana pada tahun 2009 lalu telah selesai pemasangan sebanyak 6.000 bagi MbR.

“Tahun lalu, Palembang kembali mendapatkan bantuan untuk pemasangan 6.000 yang ditujukan bagi MBR. Alhamdulillah sampai saat ini, sudah 95 persen masyarakat Palembang sudah bisa nikmati air bersih,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *