Jaringan Kabel Putus Tertimpa Pohon, Dua Hari Jaringan Telepon Terganggu

telepon

BANYUASIN – Warga yang menjadi pelanggan PT Telkom, dalam dua hari ini bakal mengalami gangguan dalam berkomunikasi. Pasalnya, jaringan kabel perusahaan telekomunikasi plat merah tersebut rusak akibat tertimpah.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, kerusakan jaringan kabel milik PT Telkom itu terjadi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) tepatya di Kelurahan Betung, Kecamatan Betung. Kabel tersebut putus, karena ditimpa pohon yang ditebang sembarangan oleh kontraktor yang mengerjakan pelebaran Jalintim.

Brahim, salah satu warga Betung yang dibincangi Kabar Sumatera, Kamis (21/8), menyebut telpone di rumahnya tidak bisa digunakan sejak dua hari lalu. “Informasinya, itu disebabkan jaringan kabel milik Telkom yang putus karena ditimpa pohon yang tumbang akibat ditebang sembarangan oleh kontraktor yang mengerjakan pelebaran Jalintim,” terangnya.

“Saya baru tahu itu, setelah hendak menghubungi keluarga menggunakan telepon rumah. Ternyata, tidak bisa digunakan. Telepon tersebut, tidak terdengar nada apa-apa,” bebernya.

Menurutnya, pohon yang tumbang tersebut adalah pohon jenis mahoni, yang merupakan pojon pelindung. Penebangan pohon itu jelasnya, dilakukan tengah malam. “Sampai siang ini, kabel yang putus akibat ditimpa pohon itu masih dibiarkan berserakan di depan rumah saya,” ujarnya seraya meminta kepada pekerja kontraktor pelebaran Jalintim, untuk bertanggungjawab atas putusnya jaringan telekomunikasi di daerahnya itu.

Sementara itu Camat Betung , A Jadil yang dikonfirmasi menyebut penebangan pohon pelindung dipinggir Jalintim itu memang sudah di koordinasikan dengan kecamatan. “Saya diberita oleh Asisten Pemkab Banyuasin, soal penebangan pohon itu. Makanya, kami izinkan. Apalagi itu dilakukan untuk pelebaran Jalintim,” ujarnya.

Jadil juga membenarkan akibat penebangan pohon tersebut mengakibatkan, putusnya jaringan kabel telepon milik PT Telkom tersebut. “Namun kontraktor yang mengerjakan pelebaran Jalintim itu, sudah berjanji akan memperbaiki kerusakan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PT Telkom, terkait persoalan ini namun sampai saat ini agar mereka segera memperbaikinya,” tukasnya.

 

TEKS           : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *