Amerika Kembali Jajaki Sumsel

Alex Noerdin | Gubernur Sumsel

Alex Noerdin | Gubernur Sumsel

PALEMBANG – Pintu peluang bagi investor yang ingin terlibat dalam sejumlah kerjasama di Sumsel, terus terbuka. Setidaknya, Amerika Serika melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Medan, mengakui ingin menjajaki kerjasama dengan Sumsel di sejumlah bidang.

Dalam pertemuan antara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dengan Konjen Amerika Serikat di Medan, Robert Ewing, perwakilan negeri paman sam tersebut melihat Sumsel memiliki potensi yang baik yang bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Menurut Robert, ia baru pertamakali  mengijakkan kaki di Bumi Sriwijaya ini, namun ia optimistis bisa menjalin kerjasama tersebut. “Ini kunjungan pertama di Sumsel, karena saya baru dilantik pada Juni lalu. Saya cukup terkesan dengan pembangunannya,” ujar Robert usai pertemuan di VIP Room Bandara Internasional SMB II Palembang, Kamis (21/8).

Setelah berdiskusi dengan Gubernur Sumsel, ia sangat tertarik untuk memajukan dunia pendidikan, lingkungan, perekonomian dalam bentuk kerjasama konkret mengingat kondisi ekonomi yang cukup kondusif.

“Ada satu hal yang menarik yakni geliat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) di Kabupaten Banyuasin. Daerah ini, kita nilai bisa memberikan nilai tambah jika kita bersama-sama membangunnya,” ucap Robert.

Tak hanya itu, ia juga menawarkan sebuah program international leadership yang menitikberatkan pada potensi calon-calon pemimpin di Sumsel, untuk melaksanakan studi di Amerika Serikat. “Sumsel dan Amerika satu visi, yakni ingin memajukan dunia pendidikan,” imbuhnya.

Robert mengaku senang dengan sambutan Gubernur Sumsel, yang secara terbuka menjelaskan pembangunan infrastruktur yang mungkin bisa menjadi bagian dari kerjasama bisnis kedua negara tersebut.

“Secara bilateral, tentunya, kerjasama ini peluangnya sangat besar terjadi. Kami juga berterima kasih kepada gubernur yang tetap memperhatikan sejumlah perusahaan milik Amerika di Sumsel. Kita harap, bisa bertemu lagi dan berkunjung ke Sumsel untuk membicarakan lanjutannya,” papar dia.

Sementara, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengakui jika Sumsel siap menjalin kerjasama dengan siapapun demi perkembangan Sumsel. “Dalam pertemuan itu, beliau senang dan memang baru ke Sumsel. Jadi semacam silaturahmi saja,”  kata Alex.

Menurutnya, Sumsel tetap menawarkan KEK di TAA yang menjadi salah satu media promosi di bidang perekonomian. “Tentunya tidak menutup kemungkinan jika Konjen Amerika juga siap bekerjasama di bidang Sosial dan Budaya,”  tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *