Muaraenim Dapatkan ISO 9001:2008

Ilustrasi ISO | Ist

Ilustrasi ISO | Ist

MUARAENIM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muaraenim, menerima sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dari lembaga sertifikasi OSS (organization of standard system).

Sertikat ISO 9001:2008 itu, diserahkan Manager 0SS ISO Certification Indonesia, Musfiq Amiruldin kepada Wakil Bupati Muaraenim, H Nurul Aman yang mewakili Bupati Muaraenim, H Muzakir Sai Sohar di kantor Bappeda Muaraenim,  Rabu (20/8).

Wakil Bupati Muaraenim, H Nurul Aman menyebut, sertikat ISO 9001:2008 itu didapatkan Bappeda Muaraenim karena merupakan pilot project di Sumsel. Menurut Nurul, Bappeda telah melaksanakan kebijakan mutu dan sasaran mutu manajemen ISO 9001:2008, sejak tahun 2013 lalu.

Kemudian, setelah menjalani proses audit dan penilaian oleh OSS ISO pada Juni 2014, akhirnya dinyatakan berhasil dan berhak menerima sertifikat ISO 9001:2008.”Harapan kita, keberhasilan Bappeda Muaraenim harus mampu merespon berbagai harapan stakeholder, khususnya dalam memberikan pelayanan perencanaan dan pengendalian pembangunan yang prima,” kata Nurul.

Menurut Nurul, pencapaian itu untuk penguatan bagi Pemkab Muaraenim dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Sesuai dengan Keputusan Menteri PAN-RB No 96 tahun 2013, Kabupaten Muaraenim ditunjuk sebagai salah satu kabupaten pilot project reformasi birokrasi,” jelasnya.

Sementara itu, Manager 0SS ISO Certification Indonesia, Musfiq Amiruldin menyebut, sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 merupakan salah satu standard yang diakui secara internasional, sebagai sarana atau alat untuk mencapai tujuan mutu suatu lembaga baik pemerintah maupun swasta, dalam menerapkan total quality control untuk mencapai efektifitas dan efisiensi perkerjaan dapat tercapai.

“Meskipun Bappeda telah menerima sertifikat ISO, evaluasi akan kita lakukan setiap tahunnya. Tujuannya, agar sistem menejemen mutu tersebut benar-benar diterapkan,” tukasnya.

 

TEKS        : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *