Dua Unit Damkar untuk BPBD PALI

Ilustrasi Pemadam Kebakaran | Tempo.co

Ilustrasi Pemadam Kebakaran | Tempo.co

PALI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), menerima limpahan dua unit kendaraan operasional pemadam kebakaran (Damkar) dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pali.

Dua unit fire truk merek Hino berkapasitas 3.000 liter air tersebut, tiba di Bumi Serepat Serasan pada tanggal 16 Agustus tempo hari, sekitar pukul 16.00 wib, di datangkan langsung dari Jakarta.

Kepala Badan (Kaban) BPBD Pali, Drs Rusman Firman MM melalui Sekretarisnya, Husni Zailani SH mengatakan, kendaraan tersebut limpahan dari Kesbangpol lantaran dianggarkan melalui instansi tersebut pada anggaran 2014, senilai Rp2,6 Miliar untuk dua unit.

“Tadinya ini (Damkar) dianggarkan Kesbangpol melalui anggaran tahun 2014, soalnya waktu itu BPBD belum ada. Instansi ini (BPBD,red) baru terbentuk pada 20 Mei 2014 lalu,” ucap Husni kepada KabarSumatera, Selasa (19/8).

Lanjutnya, kendaraan ini akan selalu stand by di BPBD Pali. Sehingga, jika sewaktu-waktu diperlukan, pihaknya akan selalu siap melayani masyarakat yang membutuhkan. Umpama, jika ada peristiwa kebakaran dan kejadian lain yang berkenaan dengan Damkar.

Untuk itu, BPBD kini tengah membangun garasi di depan kantor mereka, di Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi.

Bagi masyarakat yang membutuhkan Damkar jika memang ada peristiwa kebakaran, untuk sementara bisa langsung menghubungi nomor seluler Sang Sekretaris ini langsung, di nomor 0811780892.

“Nomor telepon belum bisa masuk, jadi langsung kontak saja ke hape saya. Yang jelas, kita tidak hanya melayani masyarakat Pali saja, daerah sekitar terdekat yang membutuhkan akan kita layani. Kita siap 24 jam. Baik kendaraannya maupun petugasnya. Bahkan sebanyak 20 orang petugas termasuk sopir sudah kita berikan pelatihan,” tandasnya

 

TEKS  : INDRA SETIA HARIS

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *