Bahaya Narkoba Kian Meluas ?

ilustrasi (foto: Thinkstock)

ilustrasi (foto: Thinkstock)

EMPAT LAWANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang memprediksi bahaya peredaran narkoba semakin meluas di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Hal itu menyusul ditemukannya, dua hektar ladang ganja di Talang Kemumu, Desa Lubuk Gelanggang Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (12/8) lalu.

“Kita sangat  apresiasi kerja Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, temua dua hektar ganja siap penen dan sebagian sudah dipanen menunjukkan peredaran narkoba sudah meluas,”  kata Kepala BNN Empat Lawang, Supratman, Selasa (19/8).

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan masih ada ladang ganja di Empat Lawang belum terungkap. Nah dalam masalah ini, diharapkan peran serta masyarakat untuk membantu mengungkapnya.

Melalui apa? sebutnya, ya informasikan ke kepolisian atau pihak terkait lainnya agar ancaman bahaya narkoba bisa dipersempit di wilayah Empat Lawang.  “Narkoba sudah semakin dekat, mari buka mata dan bersama-sama membasminya. Harus ada kewaspadaan agar tidak berdampak bagi generasi muda,” jelas Supratman.

Ia menambahkan, segenap  elemen masyarakat dan pemerintah harus lebih pro aktif memberantas peredaran  narkoba. Sebab tanggungjawab pemberantasan narkoba, tidak hanya menjadi tanggungjawab kepolisian dan BNN namun tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat. “Tanpa ada dukungan masyarakat, mustahil kita bisa maksimal memberantas peredaran narkoba,” ucapnya.

Ditambahkannya, BNN Kabupaten Empat Lawang tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat agar selalu mewaspadai betapa bahaya narkoba. “Dari segi kesehatan, narkoba itu jelas dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh seperti kerusakan jantung, hati, paru-paru, bahkan kerusakan fungsi syaraf otak yang pada akhirnya mengakibatkan kematian. Intinya apakah kita rela jika anggota keluarga kita mati dengan sia-sia?,” terangnya.

Untuk diketahui, Selasa (12/8) Satnarkoba Polres Empat Lawang mengungkap dua hektar ladang ganja di Talang Kemumu, Desa Lubuk Gelanggang Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Operasi dipimpin langsung Kasat Narkoba, AKP Darmawan didampingi KBO Satnarkoba Ipda Romi, berhasil mengamankan 511 batang ganja siap panen dan sebanyak 316 tunggul bekas ganja yang sudah di panen di dua lokasi yang berdampingan.

Menurut sumber koran ini, diduga masih ada beberapa lokasi ladang ganja di Empat Lawang. Sejauh ini pihak kepolisian masih melakukan pengejaran pemilik ladang ganja, serta mengungkap dugaan titik lainnya di wilayah Empat Lawang.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *