Pembangunan Gedung PMI, Baru Selesai 65 Persen

pmi

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, saat ini tengah membangun gedung untuk Palang Merah Indonesia (PMI). Pembangunan gedung tersebut menurut Kepala Dinas (Dinkes) Kota Palembang, Anton Suwindro mengatakan, pengerjaan telah selesai 65 persen lebih, diperkirakan akhir November mendatang akan rampung.

Anton mengatakan, gedung yang memiliki tiga lantai tersebut akan dipergunakan sebagai kantor operasional PMI Palembang. Menurutnya, di lantai tiga akan ditempati sebagai kantor Pengurus Cabang PMI. Sementara di lantai dua akan dimanfaatkan sebagai ruangan unit darah, sedangkan di lantai dasar akan di fungsikan untuk pelayanan.

“Dengan adanya penyatuan gedung itu, itu akan mempermudah dalam pelayanan. Karena semuanya satu kantor. Sebelumnya unit-unit pelayanan PMI terpisah,” kata Anton yang dibincangi usai meninjau pembangunan gedung PMI Paembang di kawasan Museum Balaputra Dewa, KM 6, Palembang, Senin (18/8).

Anton menjelaskan, pembangunan gedung tersebut menelan dana Rp 5 miliar yang dianggarkan di APBD Kota Palembang 2014. Menurut Anton, dengan adanya gedung tersebut diharapkan pelayanan lebih prima. “Disana nanti akan dibuka poli klinik, sehingga poli klinik itu bisa menunjang kinerja PMI,” jelasnya.

Anton menambahakan, walaupun lokasi gedung PMI Palembang terbilang jauh. Namun, pihaknya akan menyediakan mobil PMI keliling yang siap melayani masyarakat.  “Nanti akan diatur waktu kelilingnya. Setiap kecamatan akan dimasuki, kami juga akan datangi mal-mal ketika hari libur seperti Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal itu sambung Anton, pihaknya akan merekrut tenaga relawan untuk bekerja dalam kegiatan sosial tersebut. “Untuk masalah keuangan, nanti dihitung lagi. Kalau untuk persedian darah, sejauh ini masih baik karena donor darah sering kami lakukan,” ulasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, dengan adanya gedung baru tersebut diharapkan PMI Palembang, bisa lebih memaksimalkan pusat pelayanan tranfusi darah. “Gedung ini sangat diperlukan. Karena ini, untuk kepentingan sosial masyarakat Palembang,” ujarnya.

Harnojoyo berharap, semua fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Palembang dapat dipergunakan untuk warga sebaik mungkin.  “Keberadaan PMI  sangat membantu, karena kantor ini untuk masyarkat yang membutuhkan darah dengan cepat. PMI harus bekerja dengan keras dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *