Nasib Lima Panwaslu “Digantung”

panwaslu

PALEMBANG – Masa jabatan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 15 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel), bakal berakhir pada September mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel akan membebas tugaskan anggoat Panwaslu di 10 kabupaten dan kota.

Sementara lima Panwaslu lainnya, nasibnya masih digantung oleh Bawaslu. Pasalnya lima Panwaslu tersebut yakni Panwaslu Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan  dan Musi Rawas (Mura) pada 2015 mendatang daerahnya akan menyelenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

“September masa jabatan Panwaslu akan berakhir, 10 panwaslu anggotanya akan dibebas tugaskan. Sedangkan lima panwaslu yang daerahnya menyelenggarakan pemilukada, belum kita putuskan,” kata anggota Bawaslu Sumsel, Kurniawan ketika dibincangi, Senin (18/8).

Selain lima kabupaten ini, ada dua kabupaten lainnya yang merupakan hasil pemekaran yakni Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Mura Utara (Muratara), juga akan menyelenggaran pemilukada di 2015. Namun di dua kabupaten ini, belum terbentuk Panwaslu.

“Di dua kabupaten itu, juga masih belum kita putuskan bagaimana pengawasannya. Apakah pengawasan di dua kabupaten ini akan dipegang oleh Panwaslu di kabupaten induk, atau dibentuk Panwaslu tersendiri akan kita kaji,” kata jelas Kurniawan.

Kurniawan menerangkan, Bawaslu Sumsel baru akan memutuskan nasib anggota Panwaslu di lima kabupaten yang akan menyelenggarakan pemilukada tersebut usai mereka menyelenggarakan rapat pleno.

Nantinya sambung Kurniawan, Bawaslu Sumsel juga perlu berkonsultasi dengan Bawaslu RI, apakah perlu dilakuan rekrutmen ulang anggota Panwaslu di lima kabupaten itu atau justru menggunakan anggota Panwaslu lama

“Kalau pun di seleksi ulang, kita akan membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi masyarakat untuk mengikuti seleksi. Anggota Panwaslu yang lama, tidak ada jaminan untuk lulus. Lulus atau tidaknya mereka, tergantung hasil seleksi,” tukasnya.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *