Semarak HUT RI di Bumi Besemah, Warga Gelar Perlombaan

HUT RI Ke-69 di Pagaralam sukup semarak.

HUT RI Ke-69 di Pagaralam sukup semarak.

PAGARALAM – Antusias masyarakat di Bumi Besemah dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69, terlihat di 5 Kecamatan se-Kota Pagaralam dan sekitarnya.

Seperti warga Griya Bangun Sejatera Kelurahan Bangun Rejo Kecamatan Pagaralam Utara, dalam menyambut perayaan tujuh belasan begitu antusias  mempersiakan berbagai perlombaan. Setiap tahunnya mereka menggelar sejumlah perlombaan, seperti lomba lari karung, tarik tambang, lari sendok, makan kerupuk, sepeda hias, joget balon, masuk paku kebotol dan lomba domino pun terlihat dilaksanakan tahun ini.

Pantauan di lapangan, antusiasme dari penduduk setempat beserta perangkat kelurahan begitu luar biasa terasa dalam  menyambut HUT Kemerdekaan RI. Mereka sangat bersemangat memasang Bendera Kebangsaan Merah Putih secara serentak di rumah-rumah mereka.

“Ya, semarak HUT RI Ke-69 sangat luar biasa dan mengharukan,” kata salah satu panitia kegiatan lomba, Endang Wijaya, Minggu (17/8).

Endang tak menampik bila peran serta warga di Pagaralam dan sekitarnya dalam menyambut HUT RI begitu terasa. Mengingat sifat masyarakat di Bumi Besemah ini dikenal sebagai masyarakat nasionalis sejati di Indonesia.

“Kegiatan ini sebetulnya lumrah dilakukan oleh masyarakat Besemah,” ujarnya serya berkata dana yang diperoleh untuk menggelar kegiatan ini di dapat dari swadaya masyarakat dan hadiah perlombaan pun bervariasi mulai dari peralatan sekolah hingga peralatan dapur.

Hal senada dikemukakan Tarlan,  Ketua RT 01 Kelurahan Tebat Giri Indah Kecamatan Pagaralam Selatan, di kampungnya kegiatan menyambut Agustusan sudah mulai dipersiapkan warga.

“Kita mengadakan sejumlah kegiatan dan perlombaan guna  menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat dalam memeriahkan HUT RI Ke-69. Kegiatan berlangsung sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada  lomba balap karung, makan kerupuk, panjat pinang dan organ tunggal,” terangnya.

Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni melalui Camat Pagaralam Selatan M Helmi SE mengatakan, dalam rangka mempersiapkan pelasanaan HUT Kemerdekaan RI pihaknya pun turut berperan dalam menghadirkan sejumlah peserta pawai yang terdiri dari para pelajar, Organisasi Kepemudaan, Perangkat RT/RW, Masyarakat, dan juga Para Pejuang Veteran.

Ia mengatakan, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-69 ini, pihaknya telah melaksanakan aksi gotong royong dan telah dilaksanakan  setiap hari Jumat. Pada puncak acara 17 Agustus digelar berbagai kegiatan, diantaranya Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, tabur bunga di Makam Pahlawan dan berbagai  kegiatan lainnya.

“Selain menggelar upacara detik-detik kemerdekaan, sejumlah kegiatan pun telah dilaksanakan seperti  gerak jalan santai yang diikuti oleh seluruh pelajar se-Kota Pagaralam berikut  instansi, BUMD/BUMN lainnya.

Helmi menambahkan, pelaksanaan kegiatan menyemarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Pagaralam berlangsung meriah dan sukses. Bahkan mampu menghibur  masyarakat dalam wilayah tersebut yang turut hadir menyaksikan acara berlangsung.

“Kegiatan ini selain agenda rutinitas setiap tahunnya, termasuk pula pembinaan  para pelajar maupun seluruh lapisan masyarakat dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan,” tegasnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *