Rp 200 Juta untuk Pramuka di Empat Lawang

Ilustrasi Pramuka | Dok KS

Ilustrasi Pramuka | Dok KS

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, menganggarkan dana Rp 200 juta di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Empat Lawang untuk Pramuka di kabupaten tersebut.

Dana itu menurut Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA), bisa dipakai Pramuka di Empat Lawang untuk membuka badan usaha sehingga Pramuka di Empat Lawang bisa menjadi mandiri dan handal dan tidak lagi bergantung dengan pemerintah.

“Kita sudah menggarkan Rp 200 juta, dana itu harus dikelola dengan baik, bermanfaat bagi gerakan pramuka sepanjang tidak bertentangan dengan aturan,” kata HBA pada peringatah HUT Pramuka ke 53, Jumat (15/8).

Orang nomor satu di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini juga menyebut, pemkab akan mendukung penuh gerakan Pramuka agar berkembang. Karenanya, ia setuju jika Pramuka masuk dalam kurikulum wajib di sekolah-sekolah di Empat Lawang.

Karena sebut HBA,  Pramuka adalah kegiatan ekstra kurikuler  yang mendidik pelajar menjadi anak-anak yang handal dan berkarakter. “Dukungan itu juga kita implementasikan dengan mewajibkan semua pegawai di lingkungan Pemkab Empat Lawang, mengenakan seragam Pramuka di satu hari kerja. Kebijakan ini, sudah kita terapkan sejak 2010 lalu,” bebernya.

HBA juga mengajak semua komponen, baik pembina, instruktur gerakan Pramuka bersatu meingkatkan kualitas Pramuka di Empat Lawang. Pasalnya dengan terbit Undang-undang (UU)  Nomor 12 tahun 2010 lalu, maka pelaksanaan gerakan Pramuka tidak lagi hanya sekedar mengisi masa senggang kaum muda. “Bisa dikatakan selama ini, Pramuka kita mati suri. Ini momennya kita majukan, tingkatkan kualitas Pramuka di Empat Lawang,” ajaknya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Empat Lawang, Riyadi Sulaiman menyamut baik dukungan dan bantuan Pemkab Empat Lawang tersebut. Dijelaskannya para perayaan HUT pramuka ke 53 di Empat Lawang, masing-masing kecamatan mengikuti perkemahan dan memeriahkan bumi perkemahan di Kelurahan Kelumpang Jaya.

Kata Riyadi, pada upacara puncak peringatan HUT Pramuka yang ke 53 Empat Lawang, diikuti segenap peserta perkemahan dan perwakilan sekolah-sekolah yang memiliki anggota pramuka. “Melalui peringatan HUT pramuka ini, kita ingin mengajak generasi muda lebih aktif dalam berprestasi,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *