Masyarakat Harus Sadar Hukum

ILst. Hukum

ILst. Hukum

INDERALAYA – Jajaran Kepolisan Sektor (Polsek), Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI), terus melakukan pendekatan kepada berbagai elemen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, agama, pemuda dan masyarakat sekitar.

Pendekatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keamanan di wilayahnya.

Kapolsek Tanjung Batu, Iptu Iwan Gunawan saat melakukan dialog di Masjid Al Muhajirin,  Desa Talang Seleman,  Kecamatan Payaraman, Ogan Ilir,  Jumat (15/8), mengatakan, berbagai pendekatan terus dilakukan melalui berbagai gerakan seperti  gerakan masyarakat peduli Kamtibmas.

Menurutnya, gerakan tersebut sudah dilakukan  di 15 desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Batu, Kecamatan Payaraman, Kecamatan Lubuk Keliat.

“Ya, kegiatan ini sudah kami lakukan di 15 desa. Diharapkan dengan dilakukannya dialog dengan  masyarakat, bisa membuat masyarakat sadar hukum dan ikut berperan terciptanya desa mandiri kamtibmas di desa mereka,” tuturnya.

Kapolsek menambahkan, Desa Mandiri Kamtibmas bisa tercapai apabila masyarakat di desa tersebut berperan aktif menjaga desa dari tindak kejahatan, seperti peredaran narkoba, pencurian, perjudian dan lain sebagainya.

“Semua masyarakat harus berperan aktif. Petugas tidak bisa bekerja sendiri jika tidak ada peran dari masyarakat. Mari, sama-sama menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Talang Seleman, Muhamad Amin, menambahkan, program yang dilakukan Polres OI, di setiap polsek sangat bermanfaat untuk membuat masyarakat sadar akan hukum.

“Saya sangat mendukung program Kamtibmas ini. Dengan diadakannya dialog,  warga desa kami pun akhirnya mengerti akan manfaatkan program ini,” ucapnya.

Lanjut kades, dengan dukungan dari pihak kepolisian, pihaknua  akan segera membentuk relawan gerakan masyarakat peduli kamtibmas dalam waktu dekat.

“Semoga gerakan ini bisa mencapai desa mandiri kamtibmas,” pungkasnya.

 

Teks  : Junaedi Abdillah/NOFRIYADI (MG) 

EDITOR   : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *