Dengarkan Pidato Kenegaraan, Hanya Tiga Anggota Dewan Hadir

DPRD

MARTAPURA – Kian mendekati berakhirnya masa jabatan, anggota DPRD OKU Timur semakin malas. Buktinya, saat rapat paripura istimewa DPRD OKU Timur dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-69, Jumat (15/8), sepi dari anggota dewan.

Tak tanggung-tanggung, dari 45 anggota DPRD OKU Timur, hanya ada tiga anggota dewan yang hadir dalam rapat paripurna tersebut. Sehingga kursi-kursi yang biasa ditempati anggota dewan di ruang rapat paripurna, terlihat kosong.

Pantauan Kabar Sumatera, sekitar pukul 09.00 WIB, saat paripurna istimewa itu dimulai ditandai dengan penyampaian pidato kenegaraan oleh Ketua MPR RI yang ditayangkan melalui layar lebar di ruang paripurna tersebut terlihat hanya ada Ketua DPRD Beni Defitson, Ketua Komisi II Andi Saiban dan Ibrahim.

Begitu juga saat Presiden SBY menyampaikan pidato kenegaraan pada pukul 14.00 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir tidak berubah tetap hanya tiga wakil rakyat itu saja. “Ya, ada 42 anggota dewan yang tidak hadir,” kata Sekretaris DPRD OKU Timur, Mahfud Abbas saat dikonfirmasi, kemarin.

Mahfud mengaku tidak tahu alasan, kenapa banyak anggota dewan yang tidak hadir dalam rapat paripurna tersebut. Padahal sebutnya, undangan semuanya sudah disampaikan ke anggota dewan.

“Bukan hanya undangan secara resmi melalui surat, kegiatan itu juga kita umumkan saat rapat paripurna pengesahan APBD OKU Timur Perubahan 2014, Kamis (14/8) lalu. Tetapi tetap saja, banyak yang tidak hadir,” jelasnya.

Mahfud mengaku, Sekretariat Dewan (Setwan) tidak bisa memberikan sanksi terhadap hal tersebut, sebab katanya Setwan hanyalah memberikan pelayanan untuk mendukung kinerja para wakil rakyat tersebut.

“Partai politik (parpol) asal anggota dewan tersebut dan Badan Kehormatan (BK), yang bisa memberikan sanksi.  Tetapi saya kira, biarlah masyarakat yang menilainya. Yang pasti, ini sangat kita sayangkan,” tukasnya.

Sebaga informasi, dari 45 anggota DPRD OKU Timur saat ini, 60 persennya terpilih kembali sebagai wakil rakyat diperiode mendatang. Anggota DPRD OKU Timur periode 2009-2014, akan mengakhiri masa jabatannya pada 18 Agustus mendatang sementara anggota DPRD OKU Timur periode 2014-2019, akan dilantik pada 19 Agustus.

 

TEKS         : MUSLIM

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *