SFC Ingin Hapus Tradisi Di Kandang Persijap

Kone Cs yakin bisa menghapus tradisi tak pernah bisa meraih poin penuh di markas persijap. | Foto : Iwan Cheristian

Kone Cs yakin bisa menghapus tradisi tak pernah bisa meraih poin penuh di markas persijap. | Foto : Iwan Cheristian

PALEMBANG – Sriwijaya FC akan bertandang ke stadion Gelora Bumi Pertiwi, Jepara, Markas persijap Jepara. Laga yang bakal digelar Besok sore (15/8), pukul 15.30 WIB, akan menjadi menjadi ajang pembuktian bagi skuad laskar wong kito untuk menghapus tradisi tak pernah bisa meraih poin penuh di markas persijap.

Sepanjang sejarah sejak digulirkannya kompetisi Indonesia Super League (ISL) Sriwijaya FC tidak pernah membawa poin penuh ketika bertandang ke kandang Persijap. Berdasarkan data statistik, dari  tujuh  pertemuan terakhir keduanya, SFC memiliki catatan tak pernah kalah dari Laskar Kalinyamat.

Namun klub asal Jawa Tengah ini pula  punya tradisi tak terkalahkan saat bermain dihadapan publik sendiri alias selalu bermain imbang. Dari tujuh kali pertemuan itu, SFC empat kali  memetik tiga poin saat bermain di kandang, dan tiga kali seri atau hanya membawa  satu poin dari  markas Persijap.

Karena itu, dalam pertemuan kedelapan ini. SFC akan mengubah tradisi itu dengan meraih hasil maksimal berupa kemenangan sempurna dengan tiga poin. “Pada dasarnya ini bukan masalah   menghapus tradisi ataupun apa, tetapi kita memang membutuhkan tiga poin untuk bisa terus menjaga  peluang lolos ke empat besar. Tapi kalau memang kita menang, otomatis tradisi itu betul-betul terhapus,” kata manajer Sriwijaya FC, Robert Heri.

Menurut Robert, momentum tahun ini bisa jadi sejarah baru bagi SFC,  mengubah tradisi  saat dijamu  Persijap. Sebagai pertimbangan, Robert melihat kondisi  Persijap saat ini kurang beruntung, seiring permasalahan finansial yang kurang mendukung membuat para pemain sempat mogok dalam berlatih. Dan hal itu cukup mempengaruhi persiapan tim untuk  mengarungi sisa kompetisi putaran kedua ini.

“Tapi saya yakin Persijap tidak akan menyerah begitu saja, karena mereka punya sejarah tak pernah kalah di kandangnya. Pastinya mereka tetap punya motivasi tinggi  untuk tampil baik, sekalipun  posisi mereka di dasar klasemen (terancam degradasi),” ungkap Robert.

“Kita juga perlu berhati-hati, walau persiapan Persijap lebih sedikit dari SFC, tapi kita juga punya kelemahan di barisan pertahanan dengan banyaknya pemain belakang yang tidak bisa main. Jadi masalah tradisi ini tidak bisa juga  dijadikan patokan, semua bisa berubah,” imbuh pria yang juga menjabat Komisaris PT Bukit Asam itu.

Sementara itu, pelatih SFC, Subangkit tidak begitu melihat  masalah pertemuan kedua kubu sebelumnya. “Kondisi saat ini tentunya sudah berubah. Segala kemungkinan bisa terjadi. Kita bisa menang, kalah ataupun imbang. Tapi yang jelas kita butuh kemenangan dan saya optimis bisa dapat tiga poin,” kata Subangkit.

 

Head to Head  7 Pertandingan terakhir SFC vs Persijap di ISL :

1. 18/02/14 ISL Sriwijaya 2-1 Persijap:Menang
SFC: Asri Akbar 37 dan Lancine Kone 47
Persijap:Danial 54

2. 11/06/11 ISL Persijap 1-1 Sriwijaya:Imbang
Persijap:Risky Novriansyah 78
SFC:Budi Sudarsono 43

3. 16/02/11 ISL Sriwijaya 2-0 Persijap:Menang
SFC:Kayamba 7 dan Budi Sudarsono 45

4. 01/04/10 ISL Persijap 1-1 Sriwijaya:Imbang
Persijap:Pablo Frances 81
SFC:Pavel Solomin 17

5. 06/12/09 ISL Sriwijaya 4-0 Persijap:Menang
SFC:Kayamba 33, 37, dan 87 dan Obiora 53

6. 05/03/09 ISL Persijap 2-2 Sriwijaya:Imbang
Persijap:Hasan 44 dan Nurpijal 50
SFC:Kayamba 12 dan Ngon A Djam 34

7. 13/10/08 ISL Sriwijaya 2-0 Persijap:Menang
SFC:Ngon A Djam 39 dan M Nasuha 68

 

TEKS : IQBAL

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *