Semua Kantor BUMN Wajib Pasang Bendera Merah Putih

Ilustrasi Bendera Nasional Indonesia

Ilustrasi Bendera Nasional Indonesia

PALEMBANG – Semua kantor pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), swasta dan masyarakat diwajibkan untuk memasang bendera merah putih mulai kemarin (14/8) sampai Senin (18/8) mendatang.

Pemasangan bendera merah putih ini kata Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo juga harus dilakukan semua lapisan masyarakat baik itu sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, mal, usaha pertokoan maupun pemukiman penduduk.

Hal itu menurut Harnojoyo dilakukan sebagai penghargaan terhadap jasa para pahlawan, yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. “Selain memasang bendera, kita himbau juga untuk membersihkan lingkungan disekitarnya. Kami harap, gapura dihiasi dengan tema kemerdekaan sedangkan rumah-rumah penduduk dihimbau untuk dipasang lampu hias,” pinta Harno ketika dibincangi, kemarin.

Menurut Harnojoyo, hal itu dilakukan untuk menandakan bahwa masyarakat Palembang, sangat menghargai perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. “Kita patut gembira sekaligus bangga, Indonesia sudah 69 tahun merdeka. Dengan itu, kita semua dapat memaknai pentingnya hari kemerdekaan bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pantauan Kabar Sumatera, sejumlah instansi pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, sudah mulai mempercantik kantornya masing-masing dengan memasang berbagai variasi bendera merah putih seperti di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) Palembang.

Tak hanya di kantor instansi, semarak kemerdekaan ini juga terlihat disejumlah pemukiman penduduk seperti di Jalan Ki Merogan, Lr Wijaya, Kertapati. Disana warga, menghiasi gapura ditempat tinggalnya dengan mengecat dan memasang bendera merah putih.

“Ini tradisi tahunan warga disini, setiap menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI, kita akan gotong royong menghias gapura. Dananya, berasal dari sumbangan sukarela yang dikumpulkan warga,” ungkap Andre, salah satu warga Lr Wijaya yang dibincangi sedang sibuk mengecat ulang gapura dikawasan tempat tinggalnya tersebut, kemarin.

Menurut Andre, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kegembiraan warga menyambut hari kemerdekaan. “Peringatan HUT Kemerdekaan RI disini, selalu meriah. Berbagai perlombaan, selalu digelar warga untuk menyemarakannya,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *