Harnojoyo Imbau Masyarakat ikut Awasi Pergaulan Remaja

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo,

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menghimbau masyarakat, untuk ikut mengawasi pergaulan kalangan remaja agar tidak terjerumus menjadi pengguna narkoba. Himbauan ini disampaikan Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengingat kian mengkuatirkannya peredaran narkoba di metropolis.

“Jangan sampai anak kita terjerumus ke dunia narkoba. Orang tua harus memantau pergaulan anaknya, mulai dari hal yang kecil. Misalnya izin keluar rumah, orang tua harus tahu. Begitu juga ketika anak terlambat pulang ke rumah, harus ditanya,” kata Harno yang dibincangi usai apel siaga pencegahan penyalagunaan narkoba di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Kamis (14/8).

Harnojoyo mengatakan, pengawasan orang tua pelajar sangat diperlukan, karena jika pengawasan hanya dibebankan pada guru atau kepala sekolah saja, waktunya sangat sempit. “Tetapi, guru dan kepala sekolah juga wajib mengawasi pelajarnya. Jangan sampai terjerumus kedunia gelap narkoba,” ucapnya.

Harnojoyo menyebutkan, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), 28 persen pengguna narkoba adalah kalangan remaja yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Menurut Harno, hal itu berkaitan erat dengan pergaulan, pertemanan dan cara mereka bergaul.

“Penyalahgunaan narkoba dikalangan anak muda, disebabkan pergaulan. Oleh sebab itu, orang tua harus mengawasinya. Karena narkoba adalah unsur yang sangat merugikan dan merusak generasi masa depan. Kami terus melakukan koordinasi bersama dinas terkait untuk memeranginya agar pelajar Kota ini jauh dari unsur tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, memerangi bahaya narkoba terus dilakukan khususnya dilingkungan pendidikan.  “Alhamdulilah pelajar di Palembang, tidak ada terlibat narkoba. Tetapi hal ini, harus di antisipasi bersama agar pelajar di Palembang tidak terjerumus,” tukasnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *