Bupati OI Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke-53

Bupati OI, H. Mawardi Yahya saat menyematkan tanda kepada anggota Pramuka

Bupati OI, H. Mawardi Yahya saat menyematkan tanda kepada anggota Pramuka

INDERALAYA – Sejarah telah mencatat, bahwa Praja Muda Karana (Pramuka), mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di samping itu juga mempunyai peranan dalam membangkitkan semangat kebangsaan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ogan Ilir (OI),  H Mawardi Yahya yang juga sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan HUT ke-53 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten OI, Kamis (14/8) di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) di Desa Tanjung Senai Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir.

“Kita ketahui Tahun 1920-an, anggota Pramuka berperan besar dalam menggalang persatuan, dan masa kemerdekaaan Pramuka juga berperan dalam menggelorakan semangat bela Negara,” ujarnya.

Menurutnya, eksistensi Gerakan Pramuka telah tercantum dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Gerakan Pramuka yang yang mencakup beberapa pokok diantaranya, penetapan Pancasila sebagai nilai pendidikan, penetapan gerakan Pramuka sebagai satu-satunya wadah otonom yang bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

Selanjutnya, penetapan APBN/APBD sebagai bagian sumber dana gerakan Pramuka, penetapan tanggung jawab kepengurusan kepada Presiden RI sebagai Pramuka utama, serta penetapan prinsip dasar, kode kehormatan serta metode kepramukaan sebagai unsur pokok dalam sistem pendidikan.

”Beberapa pokok itulah yang setidak-tidaknya tercantum dalam RUU gerakan Pramuka,” jelasnya

Bupati menambahkan,  hakekat dasar pendidikan kepramukaan adalah meningkatkan penghayatan dan pengalaman nilai-nilai kepramukaan yakni dasa darma kepada seluruh perserta didik, sehingga nantinya dapat dipersiapkan menjadi kader, pemimpin bangsa yang tanggung dimasa depan.

”Mudah-mudahan dengan HUT ini kita dapat meningkatkan motivasi dan bakti kita kepada perkembangan Pramuka yang lebih baik,” tegasnya.

Mengikuti pendidikan formal, lanjutnya, dinilai tidak cukup untuk membentuk watak kepribadian dan akhlak yang mulia. Untuk itu, seluruh pelajar diwajibkan dapat mengikuti kegiatan Pramuka untuk menambah wawasan dan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari.

”Pendidikan formal belum cukup untuk membentuk watak dan pribadi seseorang,” ujarnya.

Kepada seluruh jajaran Gerakan Pramuka OI, lanjutnya, mari bersama-sama dan berupaya melakukan sesuatu yang terbaik demi masa depan kaum muda OI yang lebih cerah. ”Mari sama-masa kita lakukan sesuatu yang baik demi tercapainya masa depan kaum muda yang diidam-idamkan,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, selain bupati juga Wakil Bupati,  HM Daud Hasyim beserta istri, Ketua TP PKK Ogan Ilir,  Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua DPRD Ogan Ilir,  H Iklim Cahya, Kapolres Ogan Ilir, AKBP Asep Jajat Sudarjat, Sekda Ogan Ilir H Sobli, para asisten, Para Pejabat di lingkungan pemkab Ogan Ilir, dan seluruh pelajar pramuka Ogan Ilir.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *