25 Agustus, 25 Anggota Dewan Dilantik

Ilst. DPR

Ilst. DPR

PAGARALAM – Sesuai rencana, pelantikan calon anggota Dewan Perwakilaan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam periode 2014 -2019, akan dilaksanakan 25 Agustus 2014 mendatang. Kepastian jadwal pelantikan calon anggota dewan terpilih, periode 2014-2019 itu dikemukakan Kepala Bagian (Kabag) Risalah Sekretariat Dewan Kota Pagaralam, Astan Dharwi SE MM, kemarin.

Menurutnya, berdasarkan surat keputusan (SK) 25 anggota DPRD terpilih masa bhakti 2014-2019 sudah diterima sekretariat dewan Kota Pagaralam. Selanjutnya tinggal melaksanakan prosesi pelantikan saja.

“Ya, sebanyak 25 calon angota dewan terpilih ini nantinya akan dikukuhkan langsung oleh Kepala Pengadilan Negeri (PN) Kota Pagaralam,” ujarnya seraya berkata kita sudah menerima pernyataan kesiapan dari pihak PN untuk melaksanakan pelantikan tersebut.

Mengenai mekanisme yang akan diterapkan seperti apa, Astan mengemukakan akan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Termasuk jabatan Ketua, Wakil Ketua I, dan Wakil Ketua II pun akan dilantik bersamaan dengan pelantikan tersebut,” katanya seraya menjelaskan hal itu ditentukan berdasarkan peraturan Partai Politik (parpol) pemenang Pileg dan suara terbanyak.

Namun begitu lanjutnya, proses pelantikan tersebut yakni setiap calon anggota dewan terpilih nantinya akan datang dari rumah mereka masing-masing menuju tempat acara pelantikan.

“Memang sebelumya ada rencana dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelengggara Pemilu agar 25 anggota terpilih tersebut di antar oleh KPU dan di terima oleh Sekwan. Namun sesuai peraturan yang berlaku, disaat surakt keputusan terhadap 25 dewan terpilih terbit maka tugas dan tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara Pemilu pun selesai,” ujarnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *