Wakil Rakyat Dapat “Uang Pensiun” Antara Rp 7,5 Juta-Rp 10, 4 Juta

Ilustrasi Anggota DPRD | Dok KS

Ilustrasi Anggota DPRD | Dok KS

PALEMBANG – Tak hanya fasilitas dan berbagai tunjangan yang didapatkan selama lima tahun menjabat sebagai wakil rakyat, anggota DPRD Kota Palembang pun diakhir jabatannya juga akan mendapatkan “uang pensiun”

Uang purnabakti yang bakal didapatkan anggota dewan ini, sudah disiapkan Sekretariat Dewan (Setwan) Palembang.  “Uang purnabakti ini diberikan, sebagai tanda pengabdian mereka sebagai wakil rakyat. Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2004 tentang Dana Purnabakti,” kata Sekretaris DPRD Palembang, Syaiful Anwar, Rabu (13/8).

Uang yang bakal diterima setiap anggota dewan itu jelasnya, besarannya sesuai dengan masa pengabdian dan jabatan. Untuk anggota DPRD Palembang yang masa pengabdiannya lima tahun, maka uang purnabakti selama lima tahun juga.

Untuk anggota dewan yang masa kerjanya hanya satu tahun, mendapat purna bakti selama satu tahun. Sementara bagi anggota DPRD yang masa kerjanya tidak sampai satu tahun, akan dianggap satu tahun.

“Uang purnabakti ini dihitung berdasarkan uang refresentasi. Untuk empat pimpinan yang terdiri dari ketua dan tiga wakil ketua, uang refresentasi perbulannya Rp  2,1 juta dikalikan lima tahun sehingga dana purnabakti yang diterima Rp 10,4 juta.,” jelasnya.

“Sedangkan untuk anggota biasa, besaran dana yang diterima Rp 1,5 juta dikalikan lima, jadi totalnya Rp 7,5 juta. Sementara anggota dewan yang di PAW, dihitung berdasarkan lama pengabdian,” ucapnya.

Syaiful menerangkan, dana purnabakti tersebut akan diberikan kepada 50 anggota dewan dalam waktu dekat.  “Tidak lama lagi, mungkin sebelum pelantikan anggota dewan baru dananya sudah dicairkan,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *