UN Lewat Internet, Jangan Buru-buru

ilustrasi UN

ilustrasi UN

PALEMBANG – Marwandi, S.Pd.I, Guru SMA Muhamadiyah Palembang mengatakan bila Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA/SMK akan menggunakan sistem daring atau lewat Internet,  perlu dilakukan pelatihan dan simulasi, baik di kalangan guru maupun bagi peserta didik. “Sebab pengetahuan teknologi di Jakarta dan di sejumlah kota lain akan sangat berbeda. Hal itu juga perlu menjadi pertimbangan. Jadi perlu ada pelatihan khusus jauh sebelum UN dilakukan dengan internet. Makanya Kemendiknas juga jangan buru-buru,” ujarnya kepada Kabar Sumatera, Rabu (13/8).

Pernyataan Marwandi itu, seiring dengan wacana dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) yang menyebutkan UN tingkat SMP dan SMA/SMK ke depan akan menggunakan sistem daring atau lewat Internet.

“Memang Kemendiknas sempat mewacanakan ujian nasional (UN) akan langsung menggunakan komputer berjaringan. Jadi soal-soal yang diujikan akan langsung tampil di layar dan dijawab oleh siswa bersangkutan,” katanya Marwandi.

Namun sejauh ini menurut aktifis Muhammadiyah Sumsel ini, belum ada informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait detil sistem yang akan digunakan. “Sampai saat ini belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait rencana ujian nasional ke depan mengunakan sistem tersebut,” katanya.

Sementara itu, Dra Sriyanti, M.Pd salah satu praktisi pendidikan di Palembang mengatakan gagasan menggunakan teknologi dalam UN merupakan ide yang sangat bagus. Namun, pada praktiknya nanti kemendiknas seharusnya melakukan maksimlisasi dalam sosialisasi penggunaan internet. “Kita belajar dari kasus kurkulum 2013. Faktanya saat penerapan sebagian guru belum memahami. Jadi memang hal ini jangan buru-buru. Sebab fasilitas dan kemampuan siswa di sejumlah daerha berbeda, termasuk juga guru. Jadi perlu dilatih sehingga saat penerapan nanti tidak ada masalah teknis,” ujarnya.

 

TEKS  : AHMAD MAULANA

EDITOR  : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *