Sembunyikan Narkoba di Pinggir Jalan, Kurir Sabu Diringkus

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Heriyanto (25), warga Jalan Abi Kusno, Lorong Kemang Kertapati Palembang, ditangkap Unit 3 Subdit I Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), di sekitar kediamannya Selasa (12/8), pukul 19.30 WIB.

Petugas mendapati 12 paket sabu diletakkan di tepi jalan tak jauh dari posisi Heriyanto berada. “Sabu itu memang saya letakkan di tepi jalan untuk antisipasi kalau-kalau polisi datang. Saat itu, saya sedang menunggu pembeli di sekitar rumah,” kata Heriyanto, Rabu (13/8).

Sebab itu, petugas sempat kesulitan mencari sabu meski tubuh Heriyanto sudah digeledah. Padahal, dari informasi yang diberikan masyarakat, Heriyanto sering menggelar transaksi sabu.

Pencarian berakhir begitu petugas menyisir di sekitar lokasi tempat Heriyanto berada. Barulah ditemukan 12 paket kecil terkapar di atas jalan. Heriyanto pun mengakui sabu itu miliknya.

“Saya hanya mengantar sabu itu. Upahnya Rp100 ribu satu kali transaksi. Setidaknya, sudah dua kali saya mengantar sabu atas suruhan In (DPO)” kata Heriyanto, yang mengaku juga sering mengkonsumsi sabu.

Di tempat dan waktu yang berbeda, Unit 2 Subdit I pimpinan Kompol Swagianto juga berhasil membekuk seorang kurir sabu bernama Edi Gunawan (31) Sabtu (9/8) malam. Dari tangan Edi, petugas menyita setengah ji sabu.

“Saya ditugaskan An (DPO) mengantar sabu. Sudah empat kali saya mengantar dan satu kali transaksi diupah Rp100 ribu,” kata Edi, yang tinggal di Jalan Sapta Marga Lorong Kelapa Puyuh Kalidoni Palembang.

Direktur Ditres Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Deddy Setyo, melalui Kasubdit I, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Syahril Musa, mengatakan kedua tersangka sudah diamankan berikut dengan barang bukti.

Keduanya dijerat pasal 114 dan pasal 112 UU RI No 35 tahun 2009.

“Kita akan mencari keberadaan pemilik sabu. Tentunya, kita akan mengorek informasi dari kedua tersangka ini,” kata Syahril.

 

TEKS: Oscar Ryzal

EDITOR:SARONO P SASMITO

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *