Polisi Temukan Dua Hektar Ladang Ganja di Empat Lawang

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang | Dok KS

Petugas saat Mengamankan Ladang Ganja Di Empat Lawang | Dok KS

EMPAT LAWANG – Peredaran narkoba di wilayah hukum  Kabupaten Empat Lawang makin terkuak. Setelah sebelumnya beberapa pengguna termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) diamankan,  kini jajaran Satnarkoba Polres Empat Lawang berhasil mengungkap dan menemukan setidaknya dua hektar ladang ganja di areal perkebunan Talang Kemumu, Desa Lubuk Gelanggang, Kecamatan Tebing Tinggi.

Berdasarkan pengembangan kasus dan informasi masyarakat, Selasa (12/8) sekitar pukul 11.30 WIB. Polisi menemukan ladang ganja lebih kurang dua hektar itu, setelah menempuh perjalanlan kaki menuju area perbukitan sekitar empat jam.

Penyisiran lokasi kebun ganja dipimpin langsung Kasat Narkoba, AKP Darmawan didampingi KBO Satnarkoba Ipda Romi. Dari lokasi berhasil diamankan 511 batang ganja siap panen dan 316 tunggul bekas ganja yang baru dipanen di dua lokasi berdampingan.

Kapolres Empat Lawang, AKBP M Ridwan SIK melalui Kasat Narkoba, AKP Darmawan mengungkapkan,  penemuan ladang ganja ini merupakan  target operasi (TO) Satnarkoba, yakni pengembangan kasus lama berinisial JF Cs,  sudah divonis enam tahun memiliki sekitar 5 kilo gram ganja kering.

Penggerebekan lokasi semakin lengkap setelah, RX (26) rekan JF Cs diamankan. RX diketahui merupakan bandar ganja ini, ditangkap aparat kepolisian di rumahnya kawasan Tebing Tinggi, Senin (11/8).

Dalam pengakuan RX menyebut, dirinya  mendapatkan ganja dari IR (masih DPO) bandar ganja yang memiliki ladang ganja seluar 2 hektar di Talang Kemumu Desa Lubuk Gelanggang. “Dalam pengakuan RX mendapat ganja dari IR, katanya memiliki kebun ganja di Lubuk Gelanggang,” terang AKP Darmawan, kemarin (13/8).

Dari keterangan itu sebut Darmawan, pihaknya langsung menurunkan tim ke lokasi. Ternyata benar, berhasil menemukan ladang ganja sekitar dua hektar, ada yang sudah dipanen dan sebagian siap panen. Meskipun dari sistem penanaman daun haram itu, IR sengaja mengelabuhi dengan cara tumpang sari ke tanaman kopi.

Saat penggerebekan, tim satnarkoba Polres Empat Lawang sempat mendapatkan ancaman dari IR dan kawanan pemilik ganja. Menghalau petugas, IR menembakkan senpinya ke arah petugas beberapa kali namun karena jaraknya jauh tidak membahayakan.

“Kita sempat kejar para pelaku, namun mereka sepertinya berlari ke hutan belantara. Saat turun merekapun berusaha menghalau dengan tembakan ke petugas, kita sempat kejar namun lagi-lagi mereka kabur ke hutan,” urainya menambahkan, sebelum turun pihaknya melakukan pembasmian sekitar 727 batang ganja di lokasi. Ada sekitar 100 batang ganja dibawa ke Polres guna dijadikan barang bukti.

Darmawan mengungkapkan, hasil temuan itu Kapolres pun mengultimatum para tersangka untuk segera menyerahkan diri secepatnya. Sebab saat ini polisi sudah mengantongi identitas mereka, dan terus melakukan pengejaran. “Kita terus monitor, alangkah baiknya para pelaku segera menyerahkan, jangan coba-coba melawan petugas,” tukasnya.

 

TEKS    : SAUKANI

EDITOR   : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *