Pemprov Sumsel Antisipasi Dampak El-Nino

El-nino sangat berdampak pada tanaman petani. Foto ; Bagus Kurniawan

El-nino sangat berdampak pada tanaman petani. Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Fenomena perubahan cuaca ekstrem atau el nino yang terjadi di Indonesia,  akan diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Pemprov akan mengumpulkan dinas-dinas terkait, agar dampak el nino ini tidak membuat rasa was-was para petani, terhadap tanaman yang mereka garap.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman menyebut sudah sejak awal Januari kemarin sebagian besar wilayah Sumsel sudah mengalami perubahan cuaca dengan suhu rata-rata diatas 30 derajat celcius. Itu berarti merupakan indikator bahwa el nino sedang terjadi di Sumsel.

“Dampak el nino ini kaitannya dengan petani yang sedang melakukan musim tanam seperti, padi, jagung, dan tanaman lain. Jadi dikhawatirkan terjadi pergeseran-pergeseran waktu tanam dan panen bahkan berdampak pada produksi tanaman itu sendiri,” kata Mukti yang dibincangi usai rapat koordinasi antisipasi dampak el nino di Sumsel, Rabu (13/8) di ruang Bina Praja.

Produksi pangan seperti beras, lanjut Mukti, saat ini masih cukup dan belum ada penurunan yang signifikan. Namun, apabila terjadi penurunan produksi tanaman pangan yang signifikan maka bulog siap mengupayakan kekurangan tersebut dengan menyiapkan stok beras pemerintah.

“Kita sendiri tidak mau lengah dalam mengantisipasi hal ini yang ditakutkan terjadi diluar dugaan. Makanya semua dinas dan instansi terkait supaya menjalankan tugas sesuai bidangnya. Seperti suplai beras dari bulog, dan dinas pertanian agar selalu melaporkan produksi beras,” sebut Mukti.

Pihaknya sudah berencana membuat embung (penampungan air) untuk mengatasi kekeringan dampak dari el nino. Untuk pertama, baru akan dibangun satu embung di kawasan Kisam, OKU Selatan. “Selanjutnya baru akan dibangun embung-embung di tempat lain seperti di Lahat dan Muara Enim,” tukasnya.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *