Subangkit Modifikasi Pertahanan SFC

Subangkit saat Sesi Latihan SFC | Dok KS

Subangkit saat Sesi Latihan SFC | Dok KS

PALEMBANG – Menyiasati kekurangan pemain di lini belakang saat melawan Persijap Jepara dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014, 15 Agustus nanti. Pelatih Sriwijaya FC Subangkit memodifikasi pertahanan dengan merotasi total posisi pemainnya.

Sejauh ini, benteng pertahanan Laskar Wong Kito masih sangat jauh dikatakan tangguh. Mengingat, dalam laga uji coba terakhir melawan tim Diklat Kudus, Sabtu lalu (9/8). Area pertahanan menjadi titik terlemah  bila dibandingkan sektor tengah dan depan.

Hal ini tak lain dikarenakan,  pemain yang diturunkan Subangkit bukan yang biasa beroperasi pada tempatnya. Untuk di posisi bek tengah, pelatih asal Pasuruan itu menduetkan Rishadi yang bertipikal menyerang (striker) dengan bek sayap Sumardi. Sementara di bek sayap kanan ada Septa (gelandang bertahan dan kiri diisi Hamzah yang biasa bermain di kanan.

Menurut Subangkit,  tak ada pilihan lain untuk menutup rongga bek tengah yang ditinggalkan  Abdoulaye Maiga (akumulasi kartu) serta Erol Iba di posisi bek sayap kiri lantaran masih dalam masa pemulihan cedera.

“Untuk bek tengah sudah dipastikan kita akan siapkan Rishadi dan Sumardi. Tapi, untuk bek sayap kita  proyeksikan Septa dan Hapit. Nanti siapa yang jadi starter kita lihat saja perkembangannya dalam beberapa hari ini,” kata Subangkit.

Sedangkan  pemain belakang lainnya Firdaus Ramadhan yang beroperasi sebagai tandem Maiga di palang pintu pertahanan terancam absen. “Waktu latihan berapa hari lalu, Firdaus cedera lagi (terpeleset) tapi tidak parah. Tapi kita akan lihat kondisi terakhirnya nanti,” ungkap mantan pelatih U-20 itu.

Sementara itu, Hapit Ibrahim saat dikonfirmasi merasa tidak keberatan bila nantinya diintruksikan mengisi posisi bek sayap.  “Semua keputusan ada sama pelatih. Kalau memang nanti lawan Persijap jadi bek sayap. Tidak ada masalah, karena Hapit juga pernah bermain di posisi itu,” kata Hapit.

Hal senada dikatakan Hamzah, menurutnya rotasi ke posisi bek sayap kiri bukan hal yang baru buatnya. “Saya sudah biasa main di bek sayap maupun kiri,” timpal mantan pemain Persiwa Wamena itu.

 

TEKS     : IQBAL

EDITOR  : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *