Saat Peringatan HUT RI, Bendera Raksasa akan Dikibarkan

Salah satu Pengibaran bendera Raksasa yang di lakukan beberapa waktu lalu. | Foto ; Bagus Kurniawan

Salah satu Pengibaran bendera Raksasa yang di lakukan beberapa waktu lalu. | Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke 69, 17 Agustus mendatang akan diwarnai dengan pengibaran bendera raksasa berukuran 3000 meter persegi. Bendera raksasa ini, akan dikibarkan oleh 1000 pelajar di Palembang.

Ketua Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA LKS) Palembang, Siti Anisa mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih ukuran 3.000 meter persegi tersebut, merupakan kegiatan pertama diadakan di Palembang.

Kata Siti, bendera raksasa dengan panjang 150 meter dan lebar 20 meter tersebut kini sedang dijahit oleh pelajar di Palembang.  “Dalam menjahit, kami melibatkan seribu pelajar termasuk juga anggota IKA LKS Palembang. menjahitnya butuh waktu enam hari, dan sudah kami mulai hari ini (kemarin) sampai 16 Agustus nanti.  Proses penjahitan akan dilaksanakan di gedung Sriwijaya Promotion Center (SPC) Jakabaring,” jelasnya saat dibincangi di Balai Kota, Senin (11/8).

Siti menyebutkan, untuk membuat bendera tersebut dananya berasal dari kas IKA LKS Palembang. Menurutnya, kegitan itu bertujuan untuk mempererat kasatuan dan kekompakan anak muda dalam melakukan hal yang positif. “Ini merupakan kreatifitas anak muda, dan alhamdulillah Pemkot Palembang mengapresiasi,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan,  pemkot menyambut baik kegitan positif tersebut. Pengibaran bendera raksasa ini sebut Harnojoyo, sesuatu yang membanggakan.  “Ini akan menambah nuansa yang berbeda di Kota Palembang ini. Kalau tahun lalu tidak ada,” ujarnya.

Ia menerangkan, bendera raksasa itu rencananya akan dikibarkan disepanjang Benteng Kuto Besak (BKB),  pada 17 Agustus mendatang.  “Semoga semua tahapan berjalan lancar, mulai dari penjahitan sampai hari puncak HUT RI 17 Agustus nanti,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikdikpora) Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengatur data-data sekolah mana saja yang diikut sertakan. “Rencananya kami akan menginjinkan setiap sekolah mengirim 100 siswa untuk disertakan. Nanti akan di atur kembali antar siswa yang masuk pagi dan siang,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *