Perajin Ikan Asap Mulai Menjamur

Penjual Ikan Asap Khas Palembang | Dok KS

Penjual Ikan Asap Khas Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Banyaknya warga yang mulai menggemari ikan asap atau ikan salai membuat para perajin ikan asap ini kian hari kian bertambah. Seperti yang terlihat di Daerah Keramasan Kertapati mulai ramai ditemui pelaku bisnis ikan salai atau ikan asap.

Kebanyakan dari mereka menjajakan hasil olahannya di jalan poros jembatan Musi II akses jalan lintas timur sumatera antara Palembang-Lampung, terutama akhir pekan.

Marwiyah salah seorang pembuat ikan salai di kawasan jalan poros Musi II Palembang, Senin (11/8) mengatakan, lima tahun lalu yang membuat ikan salai atau ikan asap di daerah ini hanya dirinya dan beberapa tetangga saja, namun sekarang ini jumlahnya terus bertambah yang datang dari berbagai kawasan karena ikan salai tidak hanya di minati masyarakat kota Palembang atau sumsel saja tetapi masyarakat dari propinsi lain pun menggemari ikan tersebut.

Menurutnya, tingginya peminat ikan salai ini ikut mendorong pertumbuhan pelaku bisnis tersebut.

Bisnis pembuatan ikan yang di awetkan dengan proses tradisional yakni pengasapan ini kata dia, sangat menggiurkan karena keuntunganya lumayan karena minat masyarakat juga semakin tinggi. “Saya berniat mengembangkan usaha ini dengan cara proses produksi yang lebih baik dan membuat tempat berdagang yang lebih nyaman, tidak diemperan atau kios seadanya seperti ini ,”tambah marwiyah.

Dijelaskannya, ikan gabus,patin dan lais adalah ikan-ikan yang di minati masyarakat untuk di jadikan ikan salai. Ikan yang telah di proses menjadi ikan salai dijual dengan harga berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 65 ribu per kilonya.

 

TEKS : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *